Universal Robots Pamerkan Lengan Robot Ringkas untuk Industri Manufaktur

Riandanu Madi Utomo    •    Rabu, 21 Sep 2016 17:14 WIB
universal robots
Universal Robots Pamerkan Lengan Robot Ringkas untuk Industri Manufaktur
General Manager APAC Universal Robots, Shermine Gotfredsen

Metrotvnews.com, Jakarta: Universal Robots hari ini memperkenalkan rangkaian produk robotikanya di Indonesia. Produk tersebut terdiri dari lengan robotik seri UR X yang dapat bekerjas secara kolaboratif.

Lengan robotik tersebut memang dirancang khusus untuk industri manufaktur dan perusahaan SNB. Keunggulannya adalah memiliki bentuk yang ringkas, modular, dan mudah digunakan.

"Keunggulan utama dari lengan robotik UR X Series adalah bentuknya yang ringkas sehingga fleksibel untuk digunakan di berbagai kebutuhan tanpa harus mengubah alur produksi," ujar General Manager APAC Universal Robots, Shermine Gotfredsen.

Gotfredsen juga mengatakan lengan robotik seri UR X dapat bekerja secara modular. Lengan robot UR X memang terdiri dari beberapa bagian modular sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya untuk digunakan di berbagai bidang, mulai dari mengencangkan baut, menyortir produk, hingga melakukan pekerjaan lain yang lebih kompleks.



Universal Robots juga menghadirkan sistem pemrograman yang mudah untuk lengan robotik UR X. Sistem pemrograman tersebut juga dapat dipelajari oleh siapapun secara gratis melalui situs resmi Universal Robots.

Hingga saat ini, lengan roboti UR X diklaim telah digunakan oleh cukup banyak industri di Indonesia, salah satunya adalah PT. Philips Industries Batam. Gotfredsen mengatakan ada cukup banyak perusahaan lain yang menggunakan lengan robotik UR X. Perusahaan tersebut tersebar di berbagai industri, termasuk manufaktur hingga otomotif.

Keunggulan lain yang dimiliki lengan robotik UR X adalah konsumsi dayanya yang rendah, dan aman ketika digunakan secara berkolaborasi dengan manusia. Lengan robot ini dapat berhenti secara otomatis ketika berbenturan dengan objek lain, membuatnya aman dari berbagai kecelakaan kerja.

Lengan robotik UR X terdiri dari tiga varian, yaitu UR 3, UR 5, dan UR 10. Tiga varian tersebut hanya berbeda dari kekuatan penopang pada lengannya, dimana UR 3 hanya dapat menopang hingga beban 3Kg, UR 5 maksimal 5 Kg, dan UR 10 maksimal 10Kg. Lengan robotik ini dapat dipesan secara B2B melalui distributor resmi yang ada di Indonesia.
(MMI)