Baterai Perangkat Harus Diisi Ketika Sudah 50%

Lufthi Anggraeni    •    Selasa, 06 Sep 2016 17:03 WIB
teknologi
Baterai Perangkat Harus Diisi Ketika Sudah 50%
Untuk menjaga kondisi baterai, disarankan untuk mengisi daya sebelum 50 persen.

Metrotvnews.com: Pola pengisian baterai memiliki pengaruh terhadap kapabilitas baterai perangkat. Untuk menjaga baterai tetap dalam kondisi baik, pengguna disarankan untuk mengisinya saat daya mencapai 50 persen.

Sementara itu, ide pengisian daya saat baterai benar-benar habis hanyalah mitos. Ide ini justru dapat mempersingkat usia baterai perangkat. Pengisian daya secara reguler menjaga kondisi baterai tetap sehat, seperti yang dijelaskan oleh Jake Swearigen.

Jurnalis NY Mag ini menjelaskan, kedalaman debit mengacu pada kapasitas daya baterai yang digunakan oleh perangkat sebelum memulai proses pengisian daya ulang. Baterai Lithium-ion memiliki siklus sebelum mengalami penurunan pada kedalaman debit berbeda.

Baterai yang digunakan hingga debit terakhirnya akan kehilangan kemampuan untuk dapat terisi setelah pengisian sebanyak 300 atau 500 kali. Namun, menggunakan daya hingga 50 persen sebelum diisi kembali dapat memperpanjang siklus sebanyak 1.200 hingga 1.500 kali, sebelum pengguna harus mengganti dengan baterai baru.

Pengguna juga disarankan untuk tidak mengisi perangkat hingga benar-benar mencapai 100 persen. Sebab, pengisian daya hingga 100 persen dapat menimbulkan panas, sementara baterai Lithium-ion tidak dirancang untuk menangani panas dengan baik. Hal ini juga dapat mengurangi kemampuan baterai untuk menyimpan daya dalam waktu lebih lama.

Singkatnya, untuk menjaga kondisi baterai tetap prima, mengisi ulang saat daya baterai di bawah 50 persen dan hingga 100 persen tidak disarankan.


(MMI)

Ini Cara Bedakan Galaxy Note 7 Lama dengan Versi Terbaru

Ini Cara Bedakan Galaxy Note 7 Lama dengan Versi Terbaru

2 days Ago

Melalui situs resminya, Samsung memberitahukan pihaknya telah memberikan tanda khusus untuk mem…

BERITA LAINNYA
Video /