Motorola Ikut Garap Ponsel Android One?

Lufthi Anggraeni    •    Minggu, 10 Sep 2017 08:28 WIB
lenovomotorolagooglemoto
Motorola Ikut Garap Ponsel Android One?
Evan Blass mengunggah gambar ponsel Motorola yang disebut sebagai perangkat Android One terbaru.

Metrotvnews.com: Google belum menghentikan proyek Android One karyanya dalam waktu dekat. Raksasa teknologi dunia ini baru-baru ini bekerja sama dengan Xiaomi, dalam peluncuran smartphone Android terbarunya yaitu Mi A1.

Tidak terhenti di sana, sejumlah perangkat Android One lain juga diluncurkan oleh perusahaan lain di sejumlah negara. Hal tersebut mendorong jumlah perangkat yang ditawarkan pada kategori ini akan terus berkembang dan bertambah.

Motorola, yang sebelumnya sempat diakuisisi dan menjadi milik Google, diperkirakan akan segera bergabung dengan proyek Android One. Rumor ini muncul setelah tipster terkemuka Evan Blass, mengunggah gambar ke akun Twitter miliknya.

Gambar tersebut menampilkan smartphone Motorola dengan dukungan setup kamera ganda, serta merek Android One hadir pada gambar tersebut. Selain gambar, belum tersedia informasi lebih lanjut terkait dengan perangkat Motorola Android One.

Rumor terkait perangkat Android One ini dinilai memungkinkan sebab menurut informasi beredar, Motorola tidak termasuk ke dalam daftar produsen yang didekati Google, berpotensi sebagai calon produsen perangkat Pixel terbarunya.

Namun, gambar ponsel yang dirumorkan sebagai perangkat Android One pada unggahan Evan Blass tersebut hadir dengan tampilan menyerupai smartphone yang baru saja diumumkan Motorola pada acara sebelum penyelenggaraan IFA 2017 dimulai, yaitu Moto X4.

Sebelumnya, Lenovo setuju untuk membayar denda sebesar USD3.5 juta (Rp46,7 miliar) pada koalisi dari 32 negara bagian AS untuk menenangkan kekhawatiran mereka terkait aplikasi bloatware adware (software iklan) bernama Visual Discovery pada komputer untuk konsumen mereka.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.