7 Fitur yang Apple Tiru dari Android

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Selasa, 19 Sep 2017 18:14 WIB
appleandroidiphone x
7 Fitur yang Apple Tiru dari Android
Apple iPhone X. (AFP PHOTO / Josh Edelson)

Metrotvnews.com: iPhone X memang menawarkan banyak fitur baru yang pertama kali ada pada ponsel buatan Apple. Namun, sebenarnya fitur-fitur itu telah sejak lama ada di smartphone Android. Sebagian fitur baru ada belum lama ini, sementara sebagian yang lain telah ada sejak beberapa tahun lalu. 

Seperti yang disebutkan oleh CNET, ini bukan hal yang buruk. Apple bukan satu-satunya pembuat perangkat yang meminjam ide perusahaan lain, semua perusahaan melakukan hal yang sama. Selain itu, siapa yang peduli darimana Apple mendapatkan ide untuk fitur barunya? Pengguna iPhone tetap diuntungkan. 

Inilah beberapa fitur yang Apple tiru dari Android. 

1. Tidak adanya tombol Home
Setelah iPhone pertama memperkenalkan tombol Home, semua pembuat ponsel mengikuti jejak Apple dan melakukan hal yang sama. Namun, kemudian, banyak ponsel Android yang tidak lagi menggunakan tombol Home fisik. Sebagai gantinya, para vendor menggunakan tombol kapasitif atau tombol virtual pada layar.

Memang, keputusan Apple untuk menghilangkan tombol Home agak mengejutkan. Tapi, Apple bukanlah perusahaan pertama yang memutuskan untuk menghilangkan tombol Home untuk memperluas permukaan layar ponselnya.

2. Bezel tipis
Dengan menghilangkan tombol Home, Apple bisa membuat layar edge-to-edge. Dalam hal ini, Apple hanya mengikuti tren di industri. Xiaomi, Samsung dan LG adalah perusahaan yang juga mengikuti tren tersebut. Ketiganya telah membuat smartphone dengan bezel tipis dan rasio bodi dan layar yang sangat tinggi.

3. Ukuran layar yang besar
Berkat bezel yang lebih tipis, maka layar ponsel menjadi semakin besar. Apple bisa membuat layar yang semakin besar pada bodi iPhone X yang lebih kecil dari iPhone 8 Plus. Layar yang lebih besar berarti pengguna akan lebih leluasa untuk menonton video, bermain game atau membaca.

Foto: Digital Trends

iPhone X adalah ponsel pertama Apple yang memiliki layar lebih besar dari 5,5 inci. Sementara smartphone Android telah sejak lama memiliki ukuran super besar. Misalnya, Sony Xperia Z Ultra yang memiliki layar 6,4 inci telah diluncurkan 4 tahun lalu. 

4. Layar OLED
Di industri smartphone, layar OLED identik dengan Samsung. Layar yang juga sering disebut AMOLED ini dikenal karena dapat memberikan warna hitam yang lebih legam, warna yang lebih terang dan lebih hemat daya jika dibandingkan dengan layar LCD. Selama bertahun-tahun, ponsel Samsung telah menggunakan layar AMOLED.

Samsung Display adalah salah satu manufaktur layar OLED. Dikabarkan, Apple bekerja sama dengan Samsung Display untuk mendapatkan layar OLED untuk iPhone X, yang merupakan satu-satunya ponsel Apple yang menggunakan layar OLED. 

5. Pengisian baterai nirkabel
Lagi-lagi, Apple mengikuti perusahaan pembuat ponsel lain, seperti Samsung, Nokia/Lumia dan LG. Kali ini, ketiga iPhone baru yang Apple luncurkan tahun ini sudah mendukung teknologi pengisian baterai nirkabel. Keputusan Apple ini diharapkan akan dapat mempopulerkan penggunaan teknologi ini.

Foto:  Justin Sullivan/Getty Images/AFP 

6. Membuka kuncil ponsel dengan wajah
Microsoft adalah perusahaan pertama yang meluncurkan fitur yang memungkinkan pengguna untuk membuka kunci ponsel via wajah. Pada Lumia 950 dan 950 XL, Microsoft telah menanamkan fitur Windows Hello. Setelah itu, Samsung menghadirkan fitur pemindai iris mata. Memang, sistem Face ID yang Apple  gunakan sedikit berbeda dari metode yang telah ada sebelumnya. 

7. OIS pada dua kamera belakang
Samsung Galaxy Note 8 telah memiliki fitur OIS (Optical Image Stabilization) pada kedua kamera belakangnya. Fungsi fitur ini adalah untuk meminimalisir goyangan ketika Anda menggunakan kamera untuk mengambil foto atau video. Selain itu, fitur ini juga akan dapat meningkatkan kualitas foto yang diambil di tempat dengan cahaya remang-remang. 



Selama ini, Apple dikenal mempopulerkan fitur yang telah ada pada ponsel lain. Namun, itu bukan berarti perusahaan asal Cupertino itu tidak pernah memperkenalkan fitur yang sama sekali baru. Ini adalah 3 fitur yang sama sekali baru yang ada pada iPhone X.

Inilah fitur baru yang Apple perkenalkan. 

1. Surface notification
iPhone X dapat menampilkan notifikasi setelah ia memastikan bahwa orang yang melihat ke arah ponsel memang adalah penggunanya. 

2. Melakukan autentikasi pembayaran dengan wajah
Samsung memang lebih cepat untuk menawarkan fitur pembuka kunci ponsel dengan wajah. Namun, fitur Face Unlock dari Samsung tidak cukup aman untuk melakukan autentikasi pembayaran. Sementara Face ID dari Apple sudah cukup tangguh untuk itu. Karena itu, Apple berani untuk menggunakannya untuk melakukan autentikasi pembayaran. 

3. Animoji
Di iMessage, Anda bisa membuka aplikasi Animoji untuk menggabungkan salah satu dari selusin emoji dengan ekspresi Anda secara real-time. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa membaca cara kerja Animoji di sini


(MMI)

Begini Performa Ponsel Selfie Xiaomi Redmi S2
Review Smartphone

Begini Performa Ponsel Selfie Xiaomi Redmi S2

2 weeks Ago

Xiaomi masuk industri smartphone selfie dengan merilis Xiaomi Redmi S2. Begini performanya. …

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.