Motherboard Premium ASUS Crosshair VI Extreme Hadir Bulan Depan

Riandanu Madi Utomo    •    Jumat, 21 Jul 2017 18:40 WIB
asus
Motherboard Premium ASUS Crosshair VI Extreme Hadir Bulan Depan
ASUS Crosshair VI Extreme (foto: istimewa)

Metrotvnews.com: Popularitas Ryzen yang tinggi membuat produsen motherboard mulai menghadirkan variann premium motherboard AM4. ASUS adalah salah satunya.

Produsen motherboard asal Taiwan tersebut baru saja mengumumkan Crosshair VI Extreme, motherboard dengan kasta paling tinggi di jajaran AM4 dari ASUS. Ia juga merupakan saudara langsung dari Crosshair VI Hero yang telah kami ulas beberapa waktu lalu.

Karena merupakan motherboard premium, ASUS Crosshair VI Extreme tampil dengan fitur yang sangat lengkap. Menurut PC GAMER, motherboard ini menggunakan chipset X370 dan dirancang khusus untuk para enthusiast dan overclocker karena tampil dengan 13 fan header yang memungkinkan Anda untuk memasang sistem pendingin udara atau cair secara ekstrem. Jika dipasang dengan fan header extension dari ASUS, motherboard ini menjadi memiliki 16 fan header.

ASUS juga menyediakan header khusus yang memungkinkan Anda untuk memonitor status sistem pendingin cair melalui berbagai sensor. Dengan demikian, Anda bisa memonitor kondisi sistem pendingin cair yang digunakan mulai dari temperatur, status aliran, hingga deteksi kebocoran dini.

ASUS menyediakan tiga slot PCIe x16 pada motherboard ini dengan dua di antaranya telah diolapisi oleh pelindung khusus. Dengan demikiann, Crosshair VI Extreme dipastikan telah mendukung penggunaan kartu grafis ganda. Sementara fitur lain seperti slot M.2, WiFi AC, Bluetooth 4.1 juga dikonfirmasi akan hadir di motherboard ini.

ASUS Crosshair VI Extreme akan dirilis pada awal Agustus mendatang dengan banderol harga USD349 (Rp4,7 juta).


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.