Kacamata Cerdas Apple Punya Kamera 3D?

Lufthi Anggraeni    •    Minggu, 06 Aug 2017 09:49 WIB
apple
Kacamata Cerdas Apple Punya Kamera 3D?
Apple dikabarkan akan membekali kamera 3D pada kacamata cerdasnya, tanpa didukung layar khusus pada perangkat.

Metrotvnews.com: Pada bulan Juni lalu, analis Wall Street Gene Muster mengungkap popularitas Apple iPhone akan digantikan oleh kacamata cerdas berteknologi Augmented Reality (AR) yang dikabarkan tengah dikembangkannya.

Munster mengungkap, penjualan iPhone akan mencapai puncaknya pada tahun 2019 berkat peluncuran kacamata Apple pada tahun berikutnya. Hal ini dapat diartikan kacamata cerdas Apple tersebut akan lebih populer dibandingkan dengan iPhone yang sangat digemari konsumen.

Kacamata cerdas juga diperkirakan akan menjadi ranah kompetisi baru, meski menurut Phone Arena, produk yang akan menggiring penjualan iPhone, bernama Apple Glasses tersebut, dikabarkan masih memerlukan konektivitas dengan perangkat bersistem operasi iOS.

Apple dilaporkan akan mengeksplorasi fitur yang mungkin dapat dibekali pada produk tersebut. Hal ini juga diperkirakan menjadi tolok ukur desain yang akan diterapkan pada kacamata cerdas lainnya.

Salah satu peluang yang tengah dieksplorasi Apple yaitu fungsi yang memungkinkan pengguna untuk mengendalikan kamera, sensor dan layar dari smartphone, dan mengarahkannya pada wajah pengguna.

Kacamata cerdas Apple tersebut juga akan berbekal kamera 3D, namun tanpa dukungan layar khusus pada perangkat tersebut. Salah satu pegawai Foxconn menyebut produk ini tidak akan berbekal kamera untuk menghemat daya tahan baterai.

Namun, pernyataan pegawai Foxconn tersebut tidak disepakati oleh Financial Times. Mikrofon terpasang di bingkai kacamata akan memungkinkan pemberitahuan terkait arah dan melakukan permintaan yang diserukan kepada Siri.

Apple mengembangkan proyek kacamata cerdas ini dengan serius, terlihat dari insinyur yang digandeng Apple untuk proyek kacamata AR ini. Sejumlah insinyur bekerja untuk Apple sebelumnya terlibat pada pengembang perangkat Microsoft HoloLens, dan headset Oculus Rift VR.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.