Bukalapak Resmikan Kantor Riset dan Pengembangan

Lufthi Anggraeni    •    Rabu, 19 Dec 2018 13:48 WIB
ecommerce
Bukalapak Resmikan Kantor Riset dan Pengembangan
Bukalapak meresmikan kantor riset dan pengembangan di Bandung, Jawa Barat.

Jakarta: Bukalapak meresmikan kantor baru yang didedikasikan untuk pusat riset dan pengembangan berlokasi di Dago, Bandung, Jawa Barat.

Pada kesempatan yang sama, Bukalapak menandatangani nota kerja sama dengan pemerintah provinsi Jawa Barat.

“Akan ada banyak sekali inovasi dan terobosan baru yang kami harapkan dari kantor riset dan pengembangan ini, salah satunya produk pelayanan publik yang kami tanda tangani hari ini dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat,” ujar Co-Founder and President Bukalapak Fajrin Rasyid.

Bukalapak berharap kantor riset dan pengembangan ini turut membangun ekosistem startup teknologi dan produk di wilayah Bandung.

Kantor riset dan pengembangan ini menggandeng sejumlah talenta lokal dan terfokus pada pengembangan produk teknologi dan kecerdasan buatan.

Kantor riset dan pengembangan Bukalapak ini juga ditujukan sebagai wadah dan sarana berbagi ilmu dengan komunitas sekitar, guna mendorong kemajuan ekosistem digital. Kantor tersebut telah mulai beroperasi secara aktif sejak tanggal 12 November 2018 lalu.

Sementara itu, kerja sama dengan pemerintah provinsi Jawa Barat diwujudkan Bukalapak melalui sejumlah pemanfaatan teknologi. Salah satu pemanfaatan teknologi hadir melalui BukaBike, layanan peminjaman sepeda tanpa menggunakan sistem docking.

Layanan ini menggunakan sistem QR code yang dilengkapi dengan smart lock dan teknologi panel surya. BukaBike akan beroperasi dan diperuntukkan bagi civitas akademika Institut Teknologi Bandung (ITB).

BukaBike ditawarkan secara gratis sebagai sarana transportasi di lingkungan kampus dan dapat diakses melalui aplikasi Bukalapak baik Android maupun iOS.


(MMI)

Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.