Incredible Intelligence 2018

Melihat Lebih Dekat Jajaran Motherboard Gaming ASUS Z390

Mohammad Mamduh    •    Jumat, 26 Oct 2018 16:26 WIB
asushardwareintel
Melihat Lebih Dekat Jajaran Motherboard Gaming ASUS Z390
ASUS ROG Maximus XI Formula

Kuala Lumpur: ASUS sudah mengumumkan jajaran motherboard Intel Z390 beserta harganya untuk pasar Indonesia.

Dalam ajang Incredible Intelligence 2018, mereka memamerkan semua jajaran motherboard ini, baik yang untuk konsumen biasa maupun kelas gaming. Untuk chipset Intel generasi terbaru ini, ASUS memasang beberapa pembaruan yang tergolong canggih.

Salah satu motherboard yang patut diperhitungkan adalah ASUS ROG Maximus XI Formula. mengusung elemen warna hitam, motherboard ini mayoritas dibalut lapisan pelindung pada area sekitar slot PCIe.

Satu hal yang unik adalah kehadiran layar OLED kecil yang nantinya bisa menampilkan logo Maximus Formula dalam format monokrom. Pada area sekitar soket prosesor terpasang mounting untuk dukungan pendingin dari EK, yang telah menjalin kerja sama dengan ASUS.

Dirancang untuk overclocking, ASUS ROG Maximus XI Formula juga sudah menanamkan beberapa fitur pendukung, seperti AI Overclocking, tombol Clear CMOS dan Flashback di panel I/O.



Untuk form-factor mungil, ada ASUS ROG Strix Z390-I Gaming dan ROG Maximus XI Gene. Keduanya menyematkan warna hitam khas ROG, dengan penambahan lapisan pelindung di panel I/O untuk ROG Strix Z390-I Gaming.

Keduanya mengutamakan penyimpanan dengan slot M.2, dan ROG Maximus XI Gene setidaknya memiliki empat slot ini dalam ukurannya yang kecil.

Dari Lini TUF, ASUS menawarkan TUF Z390-Plus Gaming. Sudah dilengkapi modul Wi-Fi, motherboard ini mendukung AMD CrossFire dan RAM DDR4 4266MHz.



Ia termasuk salah satu motherboard yang menyediakan dua slot M.2, dengan pelindung yang bisa mengalirkan panas saat SSD bekerja. Walaupun tidak terlihat punya banyak LED RGB, TUF Z390-Plus Gaming tersinkronisasi dengan aplikasi Aura Sync.

Dua seri lainnya, TUF Z390M-Gaming dan TUF Z390-Pro Gaming secara umum menawarkan desain yang mirip, tak lupa dengan logo TUF di southbridge.

Tidak ada perbedaan yang cukup signifikan secara fitur, hanya dari segi form factor, terutama untuk rumpun TUF Z390M-Gaming. Motherboard TUF juga identik dengan elemen warna hitam dan kuning, sangat tampil beda dengan produk kompetitor.

Jajaran motherboard gaming ASUS Z390 dipastikan tersedia untuk pasar Indonesia, dengan varian harga mulai dari Rp3 juta, tergantung seri yang ditawarkan.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.