Pengujian Fitur Baru Instagram Bikin Warganet Resah

Lufthi Anggraeni    •    Jumat, 28 Dec 2018 09:31 WIB
instagram
Pengujian Fitur Baru Instagram Bikin Warganet Resah
Pengujian fitur gulir horisontal Instagram mendapat reaksi negatif dari pengguna.

Jakarta: Instagram mengejutkan pengguna aplikasi versi mobile miliknya setelah memulai proses pengujian fitur gulir horisontal pada aplikasi. Pengujian ini ditujukan hanya untuk sebagian kecil pengguna Instagram.

Namun, tweet yang diunggah Bos Instagram Adam Mosseri mengungkap bahwa pengujian ini secara tidak sengaja tersebar ke pengguna dalam jumlah lebih luas. Kemudian, perwakilan Facebook menyebut bahwa insiden ini disebabkan oleh bug.

Pengguna Instagram yang terdampak pada insiden ini mengaku terkejut dan takut, meski fitur gulir horisontal ini hanya berlaku di halaman feed utama. Salah satu pengguna mengunggah tweet, menyamakan fitur gulir horisontal ini dengan aplikasi kencan online, Tinder.

Tweet pengguna lainnya menyuarakan kekesalan dengan ancaman akan menghapus aplikasi tersebut. Namun dalam beberapa menit kemudian, Instagram berhasil menghentikan pengujian dan mengembalikan fitur gulir secara vertikal.

Melalui akun Twitternya, Mosseri menyebut bahwa Instagram selalu mencoba untuk menghadirkan pengalaman baru. Dan insiden tersebut hanya merupakan pengujian kecil yang direncanakan dan dirahasiakan oleh Instagram.

Menurut salah satu petinggi jejaring sosial berbasis foto dan juga video ini, pengujian fitur gulir dikirimkan kepada pengguna dalam jumlah lebih banyak, dibandingkan dengan jumlah awal yang direncanakan.

Selain itu, sebagai bentuk kekesalan dan ketidaksukaan pengguna terhadap fitur gulir horisontal ini dengan menambahkan tagar Instagram Fail di akhir tweet mereka. Tagar tersebut kemudian menjadi trending topic di jejaring sosial berlogo burung biru itu.


(MMI)

Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.