Indosat Pasang Jaringan 4G Plus ke Medan

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Selasa, 11 Dec 2018 16:31 WIB
indosattelekomunikasi
Indosat Pasang Jaringan 4G Plus ke Medan
Pengumuman tentang perluasan jaringan 4G Plus ke Medan. (Medcom.id)

Jakarta: Indosat Ooredoo membangun jaringan 4G Plus di Medan dan sekitarnya.

Division Head Network Optimization Indosat Ooredoo, Joko Riswadi mengatakan bahwa dari 143 juta pengguna internet di Indonesia, jumlah pengguna YouTube telah mencapai 43 persen, mendekati pengguna media sosial yang mencapai 50 persen.

Menurutnya, ini berarti bahwa ke depan, masyarakat Indonesia akan menjadi semakin lapar akan kecepatan internet.

Salah satu usaha Indosat Ooredoo untuk melayani permintaan konsumen adalah untuk memperluas jaringan 4G Plus mereka. Mereka telah memperluas jaringan 4G Plus ke Lampung pada April, dan Banjarmasin serta Makassar pada September.

Kali ini, mereka memperluas jangkauan jaringan ke Medan. Selain itu, Indosat juga akan terus berusaha untuk memperluas jangkauan jaringan 4G menggunakan frekuensi 900MHz. Mengingat frekuensi ini cukup rendah, maka jangkauannya lebih luas.

Saat ini, di Sumatera Utara, Indosat Ooredoo memiliki 586 spot 4G Plus baru. Hingga Februari 2019, mereka berencana menambah 244 spot 4G Plus baru. Sementara itu, secara nasional, Indosat Ooredoo memiliki jaringan 4G Plus di 250 kecamatan dan 29 kabupaten. 

"Kami meningkatkan kecepatan dan kualitas dengan menambahkan kapasitas jaringan. Indosat telah mengakuisisi frekuensi 5MHz di 2.100MHz yang dimanfaatkan untuk 4G," kata Joko saat ditemui di Kantor Pusat Indosat, Selasa 11 Desember 2018.

"Sehingga 4G ada di frekuensi 2.100MHz, 1.800MHz, dan 900MHz. Kami juga berkomitmen menambahkan kapasitas di kawasan yang memang memiliki tuntutan tinggi."

Kini, kata Joko, jaringan Indosat di Medan telah mencakup 94 persen populasi. "Jaringan kami mencakup Medan dan kota penyangga di sekitarnya. Jangkauan populasi itu naik hampir tiga kali lipat, dari 38 persen," ujarnya.

"Ke depan, kita akan fokus pada pengembangan 4G, memperluas coverage, menambah kapasitas. Kita akan meningkatkan kecepatan dan pengalaman penggunaan."

Selain itu, Joko menjelaskan, Indosat juga ingin membangun jaringan yang siap untuk menyambut teknologi baru, yaitu 5G. Saat ini, Indosat masih menunggu keputusan pemerintah terkait penggunaan teknologi jaringan 5G.


(MMI)

Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.