AS Larang Pembelian Perangkat Telekomunikasi Tiongkok?

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Jumat, 28 Dec 2018 10:44 WIB
huaweitelekomunikasizte
AS Larang Pembelian Perangkat Telekomunikasi Tiongkok?
Ilustrasi. (Wikimedia Commons)

Jakarta: Gedung Putih mempertimbangkan untuk mengeluarkan peraturan pemerintah melarang operator Amerika Serikat membeli peralatan dari perusahaan Tiongkok.

Jika peraturan ini benar dikeluarkan, ini akan memengaruhi Huawei dan ZTE. Keduanya adalah perusahaan asal Tiongkok dan merupakan manufaktur peralatan telekomunikasi terbesar di dunia. Ini juga akan memengaruhi proses pembangunan jaringan 5G. 

Peraturan ini akan meminta Departemen Perdagangan memblokir pembelian peralatan telekomunikasi dari Tiongkok dengan alasan keamanan. Untuk melakukan ini, pemerintah tidak memerlukan persetujuan dari Kongres, lapor The Verge.

Mengingat peraturan ini akan fokus pada proses pembelian oleh operator AS, ini akan memengaruhi pembelian perangkat BTS dan bukannya ponsel yang dibeli oleh individual.

Dikabarkan, pemerintah AS telah mempertimbangkan untuk mengesahkan peraturan ini selama delapan bulan. 

Saat ini, Huawei dan ZTE memang kesulitan masuk ke pasar AS. Pemerintah AS melarang badan pemerintah untuk menggunakan perangkat dari dua perusahaan itu. Hal ini memberikan pesan yang kuat pada para operator. 

Jika Gedung Putih melarang penggunaan teknologi dari perusahaan Tiongkok, ini kemungkinan tidak akan menghambat peluncuran jaringan 5G. Namun, ini memang akan memunculkan kekhawatiran akan dunia internet yang terpecah belah. 

"Melarang Huawei berpartisipasi dari pasar 5G sama seperti permainan NBA tanpa semua pemain bintang," kata Rotating Chairman Huawei, Guo Ping dalam halaman WeChat resmi Huawei.

"Anda tidak bisa bermain tanpa standar teknis tertinggi."


(MMI)

Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.