Ini Dua Haedphone Teranyar Sony di Indonesia

Lufthi Anggraeni    •    Rabu, 28 Nov 2018 18:04 WIB
sony
Ini Dua Haedphone Teranyar Sony di Indonesia
Sony mengumumkan dua headphone terbaru untuk pasar Indonesia, WH-1000XM3 dan WF-SP900.

Jakarta: Sony mengumumkan kehadiran dua headphone terbaru untuk pasar Indonesia, menyasar segmen konsumen premium dan penyuka aktivitas olahraga air dan traveling. Keduanya turut berbekal teknologi Noise Cancelling yang diklaim unggul.

“Kami sudah 70 tahun ada di industri audio, dan sudah memberikan kontribusi yang signifikan. Perusahaan dengan para insinyur bekerja sama memberikan inovasi lebih baik,” ujar Presiden Direktur Sony Indonesia Kazuteru Makiyama.

Headphone unggulan terbaru Sony, WH-1000XM3, mengunggulkan penggunaan HD Noise Cancelling Prosesor QN1 yang didukung tiga komponen. Ketiga komponen tersebut adalah Digital Noise Cancelling, 32bit Audio Signal Processing, dan DAC + Amplifier.

Sony WH-1000XM3 juga didukung oleh fitur berteknologi Dual Noise Sensor, memungkinkan perangkat menangkap suara sekitar dengan mikrofon ganda dan mengirimkannya ke prosesor untuk memproses noise cancelling.

Selain itu, Sony WH-1000XM3 juga dibekali dengan mode Adaptive Sound Control dengan tiga pengaturan, memungkinkan perangkat mengubah pengaturan guna menyuguhkan kualitas suara yang disesuaikan dengan aktivitas pengguna.

Sony menyebut mode ini akan menonaktifkan Noise Cancelling pada mode Waiting dan Walking, ditujukan untuk menjaga keselamatan pengguna saat menggunakan headphone dalam kondisi berjalan dan menunggu.

Sementara itu, mode akan mengaktifkan Noise Cancelling saat pengguna tengah dalam kendaraan umum, seperti pesawat.

Tiga mode tersebut dapat diubah secara otomatis dengan mendeteksi pergerakan dari perangkat mobile pemutar musik, atau secara manual melalui aplikasi Sony Connect.

Perangkat ini juga didukung fitur Quick Attention, memungkinkan alat memperkecil alunan musik saat mendeteksi kehadiran suara dari lawan bicara.

Hal ini memungkinkan pengguna berbincang tanpa perlu melepaskan headphone. Sony WH-1000XM3 juga diklaim kompatibel dengan asisten digital karya Google dan Apple, yaitu Google Assistant dan Siri.

Sementara itu, Sony WF-SP900 merupakan earphone tanpa menggunakan kabel sebagai alat penghubung antara masing-masing earbud.

Menariknya, Sony WF-SP900 berbekal ruang penyimpanan internal 4GB, memungkinkan pengguna menyimpan dan memutar lagu tanpa terhubung dengan perangkat mobile.

Menyasar konsumen penggemar olahraga, termasuk olahraga air, Sony WF-SP900 juga dibekali dengan sertifikasi IP65 dan IP68, menjadikannya tahan debu dan air. Earphone ini juga dapat digunakan saat berenang di laut, diklaim dapat berfungsi dalam air hingga kedalaman maksimal dua meter selama 30 menit.

Sony menyebut menyediakan earbud khusus untuk aktivitas berenang, sebab earbud ini menawarkan kemampuan kedap air lebih baik bagi rongga telinga.

Mengandalkan Bluetooth sebagai alat penghubung, Sony WH-1000XM3 didukung Bluetooth versi 4.2, dan WF-SP900 didukung Bluetooth versi 4.0.

Sony WH-1000XM3 dan WF-SP900 telah tersedia di toko online dan offline di Indonesia sejak pertengahan bulan November, dan ditawarkan seharga Rp5.999.000 untuk WH-1000XM3 dan WF-SP900 dipasarkan seharga Rp3.999.000.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.