Google Assistant Bakal Masuk Android TV

Lufthi Anggraeni    •    Jumat, 29 Sep 2017 09:29 WIB
google
Google Assistant Bakal Masuk Android TV
Google mengumumkan ketersediaan Google Assistant di Android TV, dan mulai digulirkan pada 28 September 2017 ini.

Metrotvnews.com: Enam bulan setelah dijanjikan kehadiran asisten personal digital karyanya di Android TV, Google menempati janjinya dan mengumumkan Google Assistant akan digulirkan ke sejumlah perangkat pilihan mulai 28 September waktu Amerika Serikat.

Phone Arena melaporkan, perangkat pertama yang akan dapat menikmati Google Assistant adalah NVIDIA Shield TV, sementara Sony Bravia TV akan menerima update untuk dapat memanfaatkan asisten digital tersebut dalam beberapa bulan mendatang.

Google Assistant akan tersedia di Shield TV dalam bentuk update, sehingga pengguna harus memastikan untuk menerima update dan menekan tombol mikrofon pada remote setelah perangkat melakukan restart. Google Assistant memungkinkan pengguna memberi perintah kepada Shield TV untuk memutar konten.

Pengguna dapat memutar berbagai jenis konten, dari film, acara TV, hingga video klip dan musik di YouTube. Selain itu, juga tersedia dukungan HBO Now, Netflix, dan YouTube, memungkinkan pengguna segara menikmati konten hanya dengan menyebut nama acara dan saluran.

Google Assistant juga memungkinkan pengguna untuk mengetahui berita terbaru, dari bisnis, teknologi hingga entertainment. Sejumlah aplikasi seperti Wall Street Journal, Fitstar dan Tender, untuk Google Assistant juga tersedia di Android TV, memungkinkan pengguna untuk memanfaatkannya.

Setelah selesai memanfaatkan Google Assistant, pengguna dapat segera menonaktifkannya. Secara alami, pengguna dapat mengendalikan volume, pause, dan pengendali perangkat smart home dan sebagainya, hanya dengan memanfaatkan perintah suara.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.