NASA Mulai Uji Komputer untuk Misi ke Mars

Riandanu Madi Utomo    •    Sabtu, 12 Aug 2017 22:56 WIB
antariksa
NASA Mulai Uji Komputer untuk Misi ke Mars
Stasiun Luar Angkasa Internasional (foto: Engadget)

Metrotvnews.com: NASA dan Hewlett Packard Enterprise (HPE) mengumumkan akan mengirimkan sebuah "paket spesial" untuk stasiun luar angkasa internasional (ISS).

Paket yang bakal dikirimkan oleh SpaceX pada tanggal 14 Agustus mendatang tersebut adalah sebuah komputer khusus yang rencananya akan digunakan dalam misi ke Mars. Selama di ISS, komputer tersebut akan diuji ketahannya terhadap radiasi matahari dan kosmik.

Komputer tersebut memang tidak dirancang seperti kebanyakan komputer yang kita gunakan saat ini. Seluruh komponennya dirancang agar bisa bertahan di kondisi paling ekstrem sekalipun. Pihak HPE mengatakan komputer tersebut dirancang agar tahan terhadap berbagai radiasi kosmik. Bahkan bisa berjalan dengan suplai listrik yang tidak stabil, serta suhu yang sangat ekstrem.

Menurut Engadget, selama ini seluruh kalkulasi di stasiun luar angkasa dan wahana antariksa yang ada di orbit memanfaatkan komputer di Bumi untuk melakukan kalkulasi yangs angat kompleks. Hal tersebut tidak menjadi masalah sebab data dapat ditransfer dengan sangat cepat sehingga hasil kalkulasi bisa didapatkan hampir secara real-time.

Namun, kondisinya akan sangat berbeda ketika mengirimkan wahana antariksa ke Mars. Jika menggunakan metode yang sama seperti wahana antariksa di orbit Bumi, maka waktu yang dibutuhkan untuk mengirim data dan hasil kalkulasi akan sangat lama.

NASA mengatakan bahwa mereka setidaknya membutuhkan waktu 20 menit untuk mengirim instruksi ke wahana antariksanya di Mars. Hal tersebut dikaranakan jarak antara Bumi dan Mars yang sangat jauh, yaitu mencapai 50 juta kilometer.


(MMI)

Lenovo K6 Power, Saat Baterai adalah Segalanya
Review Smartphone

Lenovo K6 Power, Saat Baterai adalah Segalanya

3 days Ago

Melihat sepak terjang Lenovo selama ini, mereka tampaknya sadar betul bahwa konsumen Indonesia …

BERITA LAINNYA
Video /