Telegram Gulirkan Pembaruan untuk Pengguna Reguler dan Admin

Lufthi Anggraeni    •    Sabtu, 01 Jul 2017 11:33 WIB
aplikasi
Telegram Gulirkan Pembaruan untuk Pengguna Reguler dan Admin
Telegram menggulirkan update versi 4.1 untuk perangkat iOS dan Android.

Metrotvnews.com: Telegram menggulirkan update versi 4.1 untuk aplikasi pesan instan miliknya, berbekal sejumlah fitur baru dan perbaikan untuk pengguna reguler dan pengguna yang bertindak sebagai admin.

Menurut Phone Arena, fitur utama yang dihadirkan Telegram pada versi 4.1 tersebut adalah alat untuk admin baru, seperti opsi untuk secara parsial melarang anggota berinteraksi pada supergrup, serta bagian “Recent Actions”.

Bagian tersebut dihadirkan Telegram untuk mencegah kebingungan antara sejumlah admin yang tengah mengelola grup yang sama. Pada perangkat iOS, Telegram 4.1 juga menghadirkan ekstensi berbagi.

Ekstensi ini memungkinkan pengguna untuk menambahkan komentar tambahan dan memilih sejumlah penerima dengan lebih mudah, Selain itu, 3D Touch pada ikon aplikasi memungkinkan pengguna menemukan sejumlah tindakan baru seperti memotret atau merekam video, dan mengirimkannya ke sejumlah penerima.

Di sisi lain, pada update untuk aplikasi versi Android, Telegram menambahkan dukungan Android Pay untuk Bot Payments. Selain itu versi Android juga berbekal pilihan media lebih baik seperti foto dan video, yang dikelompokan saat pengguna mencoba membagikannya dari menu lampiran atau galeri.

Selain itu, pengembang aplikasi ini juga mengonfirmasi pengimplementasian sejumlah alat anti-sensor, termasuk kemampuan untuk mengatur server Proxy. Kemampuan tersebut dapat ditemukan pada bagian “Data and Storage” di menu Settings.

Hal baru lain yang tersedia di update Telegram versi 4.1 ini termasuk perubahan ukuran maksimal dari supergrup. Update ini memungkinkan jumlah pengguna maksimal pada supergrup menjadi 10.000 per grup.

Selain itu, update ini juga menghadirkan kemudahan untuk admin supergrup dalam mengelola supergrup, dengan memungkinkan mereka mencari anggota secara langsung pada saluran mereka.


(MMI)

Video /