Ini Alasan Xiaomi Hadirkan Layar Besar di Smartphone

Riandanu Madi Utomo    •    Selasa, 12 Sep 2017 10:27 WIB
xiaomi
Ini Alasan Xiaomi Hadirkan Layar Besar di Smartphone
Xiaomi Mi Mix 2.

Metrotvnews.com, Beijing: Sesuai dengan perkiraan kami sebelumnya, Xiomi Mi Mix 2 tampil dengan rasio layar terhadap bodi yang semakin besar. Kini rasio layarya mencapai 93 persen dengan aspect ratio hingga 18:9.

Dengan layar tersebut, Mi Mix 2 hampir tampil seperti monitor ultra wide untuk PC. Lalu apa alasan Xiaomi menghadirkan layar tersebut?

CEO Xiaomi, Lei Jun mengatakan salah satu alasan Xiomi mengembangkan Mi Mix 2 adalah karena pihaknya ingin pengguna smartphone bisa melihat konten lebih besar dan lebih banyak. Melaui layar yang lebih besar, pengguna akan bisa melihat tampilan foto dan video yang lebih besar. Selain itu, pengalaman browsing dan menggunakan aplikasi lainnya juga diklaim akan semakin lebih baik.

Salah satu hambatan Xiaomi di pengembangan Mi Mix 2 kali ini justru datang dari Google. Pihak Google sangat membatasi penggunaan rasio layar di sistim operasi Android dan Mi Mix 2 tidak masuk ke dalam spesifikasi yang ditawarkan Google. Namun, Xiaomi tidak menyerah dan pada akhirnya mereka bisa meyakinkan Google memberikan regulasi baru terhadap rasio layar di ponsel Android hingga 18:9.

"Kami hampir menyerah, namun akhirnya kami berhasil. Saat ini 18:9 sudah menjadi standar ponsel Android," lanjut Lei Jun.

Sekilas, Mi Mix 2 memang tampak seperti ponsel biasa karena ukuran bodinya juga tergolong ringkas. Namun, setelah layar menyala, Mi Mix 2 akan terlihat istimewanya. Smartphone ini memang memiliki layar yang sangat lebar. Bahkan mungkin smartphone ini memiliki rasio layar terhadap bodi yang paling besar yang pernah ada hingga saat ini.

Ulasan lengkap Xiaomi Mi Mix 2 akan kami sajikan dalam waktu dekat. Terus pantau Metrotvnews.com untuk berita terbaru seputar Xiaomi.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.