Tiongkok dan Rusia Jalin Kerja Sama untuk Jelajahi Luar Angkasa

Riandanu Madi Utomo    •    Senin, 04 Sep 2017 15:45 WIB
antariksasains
Tiongkok dan Rusia Jalin Kerja Sama untuk Jelajahi Luar Angkasa
Wahana antariksa Soyuz milik Rusia (foto: Wikimedia)

Metrotvnews.com: Tiongkok dan Rusia dilaporkan akan segera menandatangani kerja sama dalam bidang penjelajahan luar angkasa. Menurut Futurism, penandatanganan kerja sama tersebut akan dilakukan pada bulan Oktober mendatang. Kerja sama kali ini akan memungkinkan keduanya untuk melakukan misi eksplorasi luar angkasa bersama pada tahun 2018 hingga 2022.

Sementara itu, Sputnik News melaporkan, kerja sama kali ini akan meliputi lima bidang yang terdiri dari penjelajahan wilayah Bulan, penjelajahan antariksa, pengembangan sistim satelit, riset mengenai sampah luar angkasa, dan riset mengenai sistim pemantau Bumi. Tidak hanya itu, kerja sama ini juga dikatakan akan melebar ke berbagai negara seperti India, Brasil, Afrika Selatan, Nikaragua, Chili, Peru, dan Armenia.

Pihak Rusia mengatakan, kerja sama internasional sangat dibutuhkan untuk melakukan penjelajahan luar angkasa lebih lanjut. Kerja sama tersebut juga bisa mempererat hubungan antarnegara dan memperbaiki kondisi internasional.

Berbeda dengan misi eksplorasi pada tahun 1980-an yang merupakan ajang persaingan negara maju untuk membuktikan diri sebagai pihak dengan teknologi lebih canggih, misi luar angkasa saat ini bisa berhasil berkat kerja sama antarnegara. Misalnya, ada berbagai misi di stasiun luar angkasa internasional (ISS) yang tidak akan bisa terlaksana jika tidak didukung oleh berbagai negara.


(MMI)

Video /