IFA 2017

Apa yang Bakal Dipamerkan di IFA 2017?

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Selasa, 29 Aug 2017 12:39 WIB
smartphoneifa 2017
Apa yang Bakal Dipamerkan di IFA 2017?
IFA adalah acara pameran teknologi untuk Eropa. (ullstein bild via Getty Images)

Metrotvnews.com, Jakarta: IFA adalah salah satu acara teknologi paling populer. Acara yang diadakan di Eropa ini sama populernya seperti CES yang biasa diadakan di Las Vegas setiap awal tahun. Di acara ini, berbagai perusahaan teknologi ternama akan memamerkan produk terbaru mereka, mulai dari ponsel sampai TV. 

IFA akan resmi dimulai pada 1 September sampai 6 September. Ini beberapa produk yang diperkirakan muncul dalam ajang tersebut.

Ponsel
Selama beberapa tahun, Samsung meluncurkan Galaxy Note terbarunya di IFA. Namun, perusahaan asal Korea Selatan itu kini lebih memilih untuk mengadakan acara sendiri beberapa hari sebelum IFA. Hal ini berarti, smartphone baru dari LG dan Sony punya kesempatan lebih besar untuk menarik perhatian para pengunjung, lapor Engadget.

Strategi LG untuk membocorkan berbagai fitur V30 sebelum smartphone itu diluncurkan berarti Anda sudah mengetahui fitur apa saja yang ada pada ponsel tersebut. Salah satunya, ponsel itu akan bisa membuka kunci dengan pengenalan wajah atau suara. Selain itu, ponsel yang memiliki bezel tipis ini diperkirakan akan memiliki fitur kamera yang hebat. LG membanggakan bahwa V30 memiliki aperture paling rendah yang ada pada ponsel. 



Sama seperti LG, juga banyak beredar rumor tentang ponsel baru Sony. Tampaknya, perusahaan Jepang itu siap untuk meluncurkan 2 perangkat baru, yaitu Xperia XZ1 dan XZ1 Compact. XZ1 adalah sebuah smartphone flagship, sementara versi Compact menawarkan spesifikasi yang sedikit lebih rendah. Keduanya juga diperkirakan akan hadir dengan harga yang tidak murah, yaitu EUR599 (Rp9,6 juta) dan EUR499 (Rp7,3 juta). 

Sementara Motorola diprediksi meluncurkan X4, yang rumor tentangnya telah beredar sejak bulan Mei lalu. Bocoran gambarnya juga telah sempat beredar, lengkap dengan spesifikasinya. Ponsel ini disebutkan akan memiliki layar 5,2 inci dengan prosesor octa-core @2,2GHz, RAM 3GB atau 4GB dan baterai 3.000 mAh. 

BlackBerry juga mengumumkan bahwa mereka akan mengadakan acara dalam IFA. Namun, mengingat mereka secara spesifik menyebutkan KEYOne, kecil kemungkinan acara ini adalah peluncuran smartphone baru. GSMArena percaya, di IFA, BlackBerry akan mengadakan peluncuran global dari edisi spesial dari KEYOne yang sebelumnya hanya tersedia di India. 

Wearable
Tampaknya, tidak banyak wearable baru yang akan dipamerkan dalam acara IFA 2017, terutama jika dibandingkan dengan jumlah wearable yang dipamerkan dalam IFA 2016. Namun, itu bukan berarti tidak ada wearable baru yang diperkenalkan.

Kemungkinan, Samsung akan mendominasi perhatian dengan peluncuran dua perangkat wearable. Salah satunya adalah Gear Fit 2 Pro, yang merupakan versi yang lebih baik dari Gear Fit 2. Wearable ini bisa memutar musik Spotify offline dan digunakan saat berenang



Selain itu, Samsung juga akan merilis generasi ke-4 dari lini Gear S, Gear Sport. Sayangnya, belum banyak informasi yang ada tentang perangkat itu. Wearable itu hanya disebutkan akan dilengkapi dengan monitor detak jantung optikal, Bluetooth dan WiFi. 

Garmin, peserta reguler dari IFA, mungkin akan memberikan update pada smartwatch mereka yang fokus pada fungsi fitness. Wareable percaya, tahun ini, Garmin akan memamerkan Vivoactive dengan desain yang lebih menarik.  


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.