Induk Google Tertarik Tanam Rp13,2 Triliun di Pesaing Uber?

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Jumat, 15 Sep 2017 11:45 WIB
googleuber
Induk Google Tertarik Tanam Rp13,2 Triliun di Pesaing Uber?
Alphabet disebutkan tertarik untuk menanamkan investasi di Lyft. (AP Photo/Paul Sancya, File)

Metrotvnews.com: Perusahaan induk Google, Alphabet tengah mengadakan diskusi dengan Lyft terkait potensi penanaman investasi. Alphabet menunjukkan dukungan yang kuat pada pesaing Uber tersebut, menurut orang-orang yang familiar dengan hal ini. 

Menurut laporan Bloomberg, Lyft mungkin akan mendapatkan investasi sebesar USD1 miliar (Rp13,2 triliun) dari Google atau CapitalG, divisi ekuitas Alphabet, menurut narasumber yang enggan untuk disebutkan namanya karena diskusi ini bersifat pribadi. Namun, ada kemungkinan diskusi ini berujung gagal. Baik Alphabet dan Lyft menolak untuk berkomentar. 

Alphabet juga merupakan salah satu pemegang saham di Uber, melalui divisi modal venturanya, GV. Tapi, saat ini, Waymo, salah satu perusahan di bawah Alphabet, tengah menuntut Uber terkait teknologi mobil otonom.

Memburuknya hubungan dengan Uber membuat Waymo memutuskan untuk bekerja sama dengan Lyft untuk menguji teknologi mobil otonom. 

Sekarang, Lyft memang tengah fokus untuk mengetatkan pengeluarannya. Jika mereka mendapatkan kucuran dana segar, maka Lyft akan bisa mempercepat pertumbuhannya dengan memberikan subsidi pada para pengendara, diskon untuk penumpang dan marketing. 

Dengan dana USD1 miliar, Lyft akan bisa tetap menjadi perusahaan mandiri, yang merupakan prioritas bagi co-founder John Zimmer. Meskipun begitu, sebagian investor menganggap, Alphabet bisa menjadi perusahaan induk untuk Lyft. Mengingat tahun ini Uber mengalami banyak skandal, pangsa pasar Lyft di Amerika Serikat naik. 


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.