Microsoft Ingin Akses Teknologi Merata di Indonesia

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Jumat, 06 Oct 2017 16:52 WIB
microsoft
Microsoft Ingin Akses Teknologi Merata di Indonesia
Microsoft juga akan mendapatkan untung jika Indonesia menjadi negara maju. (AFP PHOTO / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / Jason Redmond)

Metrotvnews.com, Jakarta: Jika Indonesia ingin menjadi negara berkembang, memberikan akses akan teknologi dan internet pada generasi muda adalah hal penting. Setidaknya begitulah yang disampaikan oleh Andrew Pickup, Senior Comms Director Microsoft Asia saat ditemui di Fairmont Hotel, Jakarta. 

Andrew menjelaskan, saat ini, dari 30 juta anak muda Indonesia yang memiliki akses akan teknologi dan internet, kebanyakan dari mereka tinggal di perkotaan, seperti Jakarta. Sementara di kawasan yang jauh dari perkotaan, akses akan teknologi dan internet menjadi lebih sulit. 

"Sekitar 87 persen generasi muda di Indonesia tidak punya akses ke internet," ujar Andrew. "Pertanyaan berikutnya adalah bagaimana cara memberikan akses internet? Selama 20 tahun belakangan, Microsoft telah bekerja sama dengan pemerintah dan sektor swasta membuat program untuk memberikan akses internet pada generasi muda di Indonesia dan negara-negara lain."

Di Vietnam misalnya, dia bercerita, Microsoft memiliki program "Enabling Boat", yaitu sebuah kapal yang dilengkapi dengan komputer, internet bahkan cloud.

"Kapal ini bergerak melalui perairan di Vietnam agar anak-anak di desa bisa belajar tentang teknologi informasi, juga memberikan akses internet untuk membantu mereka berkembang," katanya. 

Enabling Boat di Vietnam

Di Indonesia sendiri, Microsoft juga memberikan berbagai program pemberdayaan, termasuk pelatihan coding atau membuat program.

Selain itu, Microsoft juga bekerja sama untuk menyediakan biaya edukasi. "Secara global, kami punya inisiatif akses internet terjangkau. Tujuannya adalah untuk memberikan akses ke teknologi dan kemampuan teknologi dengan harga terjangkau," ujarnya. 

Imagine Cup menjadi salah satu program Microsoft yang Andrew bahas. Program yang telah berjalan selama 2 dekade ini ditujukan untuk mengadu para developer muda.

"Kami mencari anak-anak muda untuk membuat aplikasi atau program. Kemudian kami mengadakan kompetisi nasional. Tim yang memenangkan kompetisi nasional akan mewakili negaranya di tingkat dunia," katanya. 

Saat ditanya apa keuntungan yang Microsoft dapatkan dari berbagai program ini, Andrew menjawab, "Semakin besar Indonesia, semakin berpendidikan, semakin kaya, maka hal itu merupakan kabar baik untuk perusahaan teknologi. Itu artinya, akan ada semakin banyak orang yang bisa menggunakan solusi yang lebih mahal."

Dia menyebutkan, jika negara-negara berkembang seperti Indonesia menjadi semakin maju, maka negara-negara ini akan menjadi pasar baru untuk Microsoft dan perusahaan-perusahaan teknologi lain. "Kami ingin membantu karena kami ingin membantu Indonesia dan memperbesar pasar untuk masa depan," katanya. 


(MMI)

Video /