Media Sosial ala Snapchat Ini Bantu Belajar Kelompok

Cahyandaru Kuncorojati    •    Jumat, 13 Oct 2017 18:11 WIB
teknologi
Media Sosial ala Snapchat Ini Bantu Belajar Kelompok
Aplikasi Socratic bisa membaca pertanyaan atau rumus perhitungan dan menampilkan rumus serta jawaban atau penjelasan yang tepat.

Metrotvnews.com: Socratic adalah media sosial yang bertujuan memudahkan komunikasi pelajar bersama temannya, untuk melakukan kerja kelompok atau mengerjakan tugas bersama. Aplikasi ini dinilai berhasil memadukan kepraktiksan media sosial dengan tetap berfokus pada bidang edukasi.

Dilaporkan oleh The Next Web, Socratic merupakan media sosial yang bentuknya memadukan sebuah instant messaging dalam tampilan seperti Snapchat. Jadi, penggunanya bisa berkomunikasi dengan cara mengunggah teks, foto, dan video.

Bagi pelajar, tentu saja hal ini membuat mereka lebih mudah berkomunikasi dengan temannya membahas pekerjaan rumah jadi penggunanya cukup memfoto materi pelajaran atau pekerjaan rumah yang sedang dikerjakan. Menariknya, Socratic juga bisa mempelajari materi pelajaran tersebut.

Ketika pengguna memfoto sebuah rumus dan aplikasi Socratic akan memindai dan menampilkan informasi terkait rumus perhitungan atau penjelsan dari materi pelajaran yang difoto. Fitur andalan Socratic ini sebenarnya sudah ada sejak tahun lalu. Namun, fitur instant messaging ala Snapchat tersebut baru dihadirkan sekarang.



Pihak Socratic lewat situsnya menyatakan bahwa aplikasi mereka bisa menjadi media bagi pelajar untuk tetap bisa berkomunikasi tanpa terdistraksi atau teralihkan fokusnya karena beragam fitur yang ada pada kebanyakan media sosial. Meskipun aplikasi Socratic menawarkan fitur ala Snapchat yang sangat sederhana, tetapi target pengguna mereka sangat jelas dan tepat.

Selain itu, dengan membawa fitur ala instant messaging dan media sosial, pelajar akan lebih senang menggunakannya, mengingat kalangan tersebut saat ini termasuk sebagai pengguna smartphone yang sangat aktif sejak usia dini alias digital native.




(MMI)

Gandeng Google, Lenovo Ciptakan Smart Display untuk Rumah Pintar
CES 2018

Gandeng Google, Lenovo Ciptakan Smart Display untuk Rumah Pintar

1 day Ago

Lenovo Smart Display menghadirkan layanan asisten digital Google Assistant dalam bentuk layar s…

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.