Media Sosial ala Snapchat Ini Bantu Belajar Kelompok

Cahyandaru Kuncorojati    •    Jumat, 13 Oct 2017 18:11 WIB
teknologi
Media Sosial ala Snapchat Ini Bantu Belajar Kelompok
Aplikasi Socratic bisa membaca pertanyaan atau rumus perhitungan dan menampilkan rumus serta jawaban atau penjelasan yang tepat.

Metrotvnews.com: Socratic adalah media sosial yang bertujuan memudahkan komunikasi pelajar bersama temannya, untuk melakukan kerja kelompok atau mengerjakan tugas bersama. Aplikasi ini dinilai berhasil memadukan kepraktiksan media sosial dengan tetap berfokus pada bidang edukasi.

Dilaporkan oleh The Next Web, Socratic merupakan media sosial yang bentuknya memadukan sebuah instant messaging dalam tampilan seperti Snapchat. Jadi, penggunanya bisa berkomunikasi dengan cara mengunggah teks, foto, dan video.

Bagi pelajar, tentu saja hal ini membuat mereka lebih mudah berkomunikasi dengan temannya membahas pekerjaan rumah jadi penggunanya cukup memfoto materi pelajaran atau pekerjaan rumah yang sedang dikerjakan. Menariknya, Socratic juga bisa mempelajari materi pelajaran tersebut.

Ketika pengguna memfoto sebuah rumus dan aplikasi Socratic akan memindai dan menampilkan informasi terkait rumus perhitungan atau penjelsan dari materi pelajaran yang difoto. Fitur andalan Socratic ini sebenarnya sudah ada sejak tahun lalu. Namun, fitur instant messaging ala Snapchat tersebut baru dihadirkan sekarang.



Pihak Socratic lewat situsnya menyatakan bahwa aplikasi mereka bisa menjadi media bagi pelajar untuk tetap bisa berkomunikasi tanpa terdistraksi atau teralihkan fokusnya karena beragam fitur yang ada pada kebanyakan media sosial. Meskipun aplikasi Socratic menawarkan fitur ala Snapchat yang sangat sederhana, tetapi target pengguna mereka sangat jelas dan tepat.

Selain itu, dengan membawa fitur ala instant messaging dan media sosial, pelajar akan lebih senang menggunakannya, mengingat kalangan tersebut saat ini termasuk sebagai pengguna smartphone yang sangat aktif sejak usia dini alias digital native.




(MMI)

Video /