Sebagian Besar Aplikasi Android Mata-Matai Aktivitas Pengguna

Cahyandaru Kuncorojati    •    Rabu, 29 Nov 2017 22:59 WIB
teknologicyber security
Sebagian Besar Aplikasi Android  Mata-Matai Aktivitas Pengguna
Pengguna smartphone harus berhati-hati dalam menguduh aplikasi karena banyak aplikasi yang di dalamnya tertanam aplikasi mata-mata atau tracker yang memantau aktivitas penggunanya.

Jakarta: Jika Anda berpikir bahwa fitur smartphone membuat privasi terjaga, Anda keliru. Ditemukan sebagian besar aplikasi yang Anda pasang memantau seluruh aktivitas Anda saat menggunakan smartphone.

Privacy Lab dari Yale University dan organisasi Exodus Privasy menemukan setidaknya 3 dari 4 atau hampir semua aplikasi Android di Google Play Store tertanam sebuah aplikasi pihak ketiga yang di dalamnya memata-matai aktivitas penggunanya alias tracker, seperti yang dilaporkan The Guardian.

Hasil pengamatan tersebut menyebutkan setidaknya di dalam sebuah aplikasi tertanam aplikasi 'tracker' tapi mereka menemukan sekitar banyak jenis aplikasi tracker. Pada bebrapa aplikasi yang dimiliki Google terdapat tracker bernama Crashlytics.

Crashlytics sebetulnya berguna untuk melaporkan setiap aplikasi yang mengalami gangguan atau crash, tapi tracker tersebut juga bisa dimanfaatkan untuk memperoleh data tentang kebiasaan pengguna smartphone.

Exodus sendiri menemukan ada 44 aplikasi tracker dari lebih 300 aplikasi Android. Baru 25 aplikasi tracker yang sudah mereka teliti dan buat laporannya. Aplikasi tracker ini cukup berbahaya karena tidak hanya membaca kebiasaan pengguna smartphone, tapi juga bisa menelisik informasi pengguna satu dan yang lain.

Contoh lainnya adalah aplikasi tracker buatan perusahaan Perancis bernama Fidzup yang bisa mengetahui pergerakan pengguna smartphone di dalam toko dan mengirimkan iklan sesuai dengan produk yang berada di dekat mereka.

Beberapa aplikasi populer yang di dalamnya terdapat aplikasi tracker di antaranya adalah, Tinder, Spotify, Uber, dan OKCupid. Hal ini semakin mencemaskan karena beberapa aplikasi menyimpan data privasi yang sangat sensitif dan sangat berbahaya jika diretas oleh pihak tidak bertanggung jawab.

Hasil pengamatan yang dilakukan dibuat menjadi sebuah teguran bagi para developer dan pelaku bisnis aplikasi mobile untuk lebih jujur dan transparan dalam menyediakan layanan. Kedua pihak yang melakukan pengamatan menilai bahwa aplikasi di Apple juga tidak jauh berbeda.

Mereka menilai aplikasi Android lebih banyak dijangkiti tracker karena kebanyakan aplikasi ini bisa diunduh secara gratis dan distribusinya jauh lebih banyak ketimbang pengguna smartphone iOS.


(MMI)

Huawei Nova 2i, Jawaban 4 Kamera di Kelas Menengah
Review Smartphone

Huawei Nova 2i, Jawaban 4 Kamera di Kelas Menengah

1 week Ago

Huawei Nova 2i dilengkapi dengan 4 kamera. Inilah ulasan lengkap performanya. 

BERITA LAINNYA
Video /