Duel Robot Raksasa AS Lawan Jepang Berakhir Membosankan

Cahyandaru Kuncorojati    •    Kamis, 19 Oct 2017 17:29 WIB
robot
Duel Robot Raksasa AS Lawan Jepang Berakhir Membosankan
Pertandingan antara 'Eagle Prime' dari Amerika Serikat dan 'Kuratas' dari Jepang

Metrotvnews.com: Pertandingan dua robot raksasa antara Amerika Serikat dan Jepang yang sudah direncakan sejak setahun lalu akhirnya terlaksana semalam. Sayangnya, pertarungan tersebut berakhir dengan pertandingan sekaligus kemenangan yang jauh dari kata brutal.

Pertandingan yang direncanakan sejak setahun itu mempertemukan 'Eagle Prime' pabrikan Megabots dan 'Kuratas' buatan Suidobashi Heavy Industries.

Tentu saja semua orang sudah membayangkan bahwa pertandingan robot raksasa tersebut akan sebrutal pertarungan antar robot di animasi Gundam atau film Pacific Rim maupun Transformer.

Justru pertandingan kedua robot setinggi 13 kaki dan 16 kaki tersebut malah berjalan membosankan. Pertandingan yang bisa disaksikan secara streaming di layanan Twitch oleh banyak pihak dianggap membosankan, meskipun penyelenggara pertandingan tersebut menampilkan arena dan suasana dramatis.



Mengapa membosankan? Karena pergerakan robot tersebut tidak bisa melaju kencang seperti yang kita harapkan dan mendaratkan pukulan yang membuat salah satu robot terpental. Pergerakan robot masih sangat kaku meskipun ada manusia yang mengendalikan di dalam kokpitnya.

Ketengangan dan keseruannya hanya terasa di awal kedua robot mempertontonkan gerakan dan senjata yang terpasang pada  bagian tubuh masing-masing robot. Ketika kedua robot memulai pertandingan, baru terasa bahwa keduanya akan bertarung dalam proses yang lambat.

Pada akhirnya, robot dari Jepang menyerah bukan karena robotnya sudah kehilangan satu tangan, tetapi karena dia sudah sulit melakukan serangan.

Hal yang perlu diingat juga adalah penonton juga terlanjur menaruh harapan pada pertandingan robot yang sebetulnya masih dalam tahap awal. Pertandingan ini merupakan pertandingan robot ukuran besar pertama di dunia. Salah jika penonton mengharapkan pertandingan ala Gundam, Pacific Rim, maupun Transformers.

Bagi Anda yang tidak sempat menyaksikan pertandingan tersebut, berikut adalah video yang berlangsung kemarin.




(MMI)

Lenovo Thinkpad X1 Teranyar Muncul di CES 2018
CES 2018

Lenovo Thinkpad X1 Teranyar Muncul di CES 2018

3 days Ago

Lenovo perkenalkan keluarga baru ThinkPad X1 yang terdiri dari tiga jenis perangkat sekaligus d…

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.