GoPro Ini Abadikan Momen Dirinya Terbakar Aliran Lava

Cahyandaru Kuncorojati    •    Minggu, 12 Nov 2017 15:19 WIB
gopro
GoPro Ini Abadikan Momen Dirinya Terbakar Aliran Lava
Kamera GoPro yang tertimbun aliran lava dan berhasil diselamatkan.

Metrotvnews.com: Mengabadikan pemandangan alam yang sulit ditemui tentu sangat menarik. Risikonya juga sepadan. Salah satu pemandu wisata di gunung vulkanik Hawai harus merelakan kamera GoPro miliknya dilahap lava. Namun, perangkat tersebut masih bisa bertahan.

Dikutip dari CNET, baru-baru ini video dari GoPro seorang pemandu wisata di Hawai menjadi viral. Video tersbeut menampilkan momen GoPro tersebut perlahan hangus ditelan oleh aliran lava dari Gunung Kilauea.

Peristiwat yang terjadi di tahun 2016 lalu dialami oleh Erik Storm, seorang pemandu wisata sekaligus pemilik Kilauea EcoGuides. Dia menuturkan momen tersebut terjadi tanpa sengaja ketika dia sedang memandu beberapa turis.



"Saat itu saya sedang menceritakan mitologi yang ada di kawasan ini kepada wisatawan, dan saya telat menyadari bahwa kamera GoPro yang saya taruh untuk mengabadikan kegiatan kami ambruk ke aliran lava. Saya yang terkejut jutsru seru menyaksikan hal tersebut dan melupakan wisatawan," ungkap Storm.

Setelah dia berhasil memecahkan bongkahan lava yang menyelimuti kamera GoPro milknya, dia menemukan bahwa kameranya masih aktif. Hal tersebut terlihat dari lampu indikator Blutooth yang masih berkedip namun lensanya sudah tidak dapat dipergunakan karena bagian dalamnya sudah meleleh.

Ajaibnya, tubuh GoPro tidak terbakar cukup parah, berbeda dengan kaki atau tripod kamera yang benar-benar meleleh. Di kemudian hari, dia baru menyadari bahwa perangkat tersebut masih menyimpan baik kartu memori MicroSD di dalamnya dan bisa dikeluarkan.

"Beberapa orang kemudian menuduh saya merekayasa semuanya. Jika benar maka sudah sejak lama saya melakukannya. Saya ingin ini tidak menjadi ajang pamer atau tren, ini adalah peringatan bahwa dimanapun kita harus selalu waspada ketika mengabadikan momen dengan perangkat kita," tutur Storm.

Sebelumnya juga ada wisatawan di lokasi tersebut yang menjadi populer di internet karena berhasil mengabadikan aliran lava dengan drone miliknya. Drone tersebut perlahan mulai meleleh akibat suhu panas di kawasan tersebut.




(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.