Pixelbook, Laptop Buatan Google Seharga iPhone X

Cahyandaru Kuncorojati    •    Kamis, 05 Oct 2017 10:11 WIB
google
Pixelbook, Laptop Buatan Google Seharga iPhone X
?Pixelbook adalah laptop buatan Google dengan harga yang sama seperti iPhone X, yaitu USD999 setara Rp13 juta.

Metrotvnews.com: Tidak puas hanya dengan membuat sistem operasi Chrome OS untuk laptop, Google juga membuat laptopnya sendiri yang diperkenalkan bersamaan dengan kedua smartphone Pixel terbaru mereka. Pixelbook adalah laptop buatan Google dengan harga yang sama seperti iPhone X, yaitu USD999 setara Rp13 juta.

Dikutip dari The Verge, Pixelbook adalah salah satu dari sekian banyak investasi Google di ranah hardware. Pixelbook diyakini oleh Google sebagai langkah terbaik untuk mempopulerkan Chrome OS buatan Google, yang selama ini diragukan kemampuannya dibandingkan sistem operasi seperti Windows dan MacOS.

Pixelbook adalah laptop 2-in-1 yang bisa berfungsi layaknya laptop dan tablet dengan engsel layar yang bisa diputar 360 derajat. Laptop ini menggunakan material aluminium dengan desain minimalis kukuh serta bobot sekitar 1kg serta ketebalan 10mm.

 

Baca: Pixel 2 dan Pixel 2 XL, Duo Smartphone Terbaru Google





Laptop ini mengusung ukuran layar 12,3 inci yang mendukung fitur layar sentuh dengan tambahan aksesori stylus Pixelbook Pen yang dijual terpisah.  Jeroannya menggunakan prosesor Intel Core i5 generasi ketujuh dengan RAM 8GB dan memori penyimpanan SSD 128GB.

Pixelbook diklaim mampu bertahan hingga penggunaan 10 jam didukung juga pengisian daya yang cepat berkat USB-C dengan daya charger 45W. 

Ketika beralih kebagian keyboard jelas sekali bahwa laptop jenis notebook yang dibanderol dengan harga setara iPhone X ingin sangat terlihat mewah. Oleh sebab itu, papan keyboard didukung lampu backlit, dan material touchpad menggunakan lapisan seperti kaca yang sama dengan permukaan luar.

Pihak Google mengatakan bahwa Chrome OS buatan mereka ini dijamin lebih kompatibel dibandingkan versi sebelumnya. Selama ini, sistem operasi berbasis cloud tersebut berkendala di aplikasi yang banyak tidak kompatibel, kecuali aplikasi yang berjalan di sistem operasi Android.

Google mengklaim telah bekerjasama dengan Adobe serta Microsoft untuk menghadirkan aplikasi berbasis Android yang kompatibel dengan Pixelbook.

Bagaimana dengan stylus Pixelbook Pen? Jelas sekali PIxelbook kali ini mengekor kesuksesan Microsoft Surface yang disambut konsumen. Pixelbook Pen ini sebenarnya memiliki desain yang tidak terlalu menarik perhatian, hanya saja ada dua hal yang menjadi keunggulannya dibandingkan stylus lain.



Pertama adalah stylus Pixelbook Pen menggunakan baterai jenis AAAA yang membuatnya mampu bertahan hingga penggunaan selama setahun. Kedua, fitur asisten digital Google yang juga disematkan di stylus. Ketika Anda menandai sebuah objek di layar laptop, Google Assistant  langsung menampilkan informasi terkait objek yang Anda tandai.

Google Pixelbook tidak merancang adanya tempat atau magnet yang bisa membuat stylus seharga USD99 ini melekat pada laptop tersebut. Alasan pihak Google supaya laptop ini bisa dibuat benar-benar tipis.

Pixelbook akan dijual dengan 2 varian lainnya, yaitu paket RAM 8GB dan memori SSD 256GB dengan prosesor Intel Core i5 generasi ketujuh seharga USD1,199 atau Rp16 juta. Paket lainnya yitu RAM 16GB dan memori NVMe 512GB dengan prosesor Intel Core i7 generasi ketujuh di harga USD1,649 atau Rp22 juta.




(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.