Pria di Rusia Tewas Saat Pakai Kacamata VR

Riandanu Madi Utomo    •    Sabtu, 23 Dec 2017 15:15 WIB
peristiwavirtual reality
Pria di Rusia Tewas Saat Pakai Kacamata VR
Kacanata VR bisa membahayakan nyawa jika digunakan tidak hati-hati

Jakarta: Seorang pria asal Rusia ditemukan tewas baru-baru ini karena menggunakan kacamara virtual-reality.

Menurut agensi berita Rusia TASS, pria yang tinggal di Moscow tersebut diperkirakan meninggal akibat tersandung dan jatuh membentur meja kaca.

Pria itu menggunakan kacamata VR ketika insiden tersebut dan diperkirakan tidak menyadari ada meja kaca di dekat tempat bermainnya.

"Menurut penyidikan awal pria tersebut tersandung oleh meja kaca yang ada di dekatnya ketika sedang bergerak menggunakan kacamata VR. Penyebab utama kematiannya adalah kehilangan darah karena tertusuk serpihan kaca," Senior Assistant untuk Head of the Russian Investigative Committee, Main Moscow Department, Yulia Ivanova.

Sayangnya, TASS tidak memberitahu jenis kacamata VR yang digunakan dan konten yang sedang dimainkan oleh pria tersebut. Meski demikian, ini adalah insiden pertama yang melibatkan VR dan merenggut nyawa seseorang.

Kejadian ini mungkin akan menjadi perhatian khusus bagi para produsen kacamata VR sekaligus pengembang aplikasi. Hal tersebut dikarenakan VR akhirnya terbukti memiliki potensi bahaya yang cukup tinggi.

Hingga saat ini teknologi untuk menghindari kecelakaan yang dialami oleh pria Rusia tersebut memang belum ada di kacamata VR manapun.

Semuanya hanya mengingatkan penggunanya agar mengosongkan area bermain sebelum masuk ke dalam permainan. Masalahnya kacamata VR yang ada sat ini juga tidak bisa memberitahu jika area bermain benar-benar kosong dan layak digunakan.


(MMI)

Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.