Pengamat: Penjualan iPhone Meningkat Tahun Ini

Lufthi Anggraeni    •    Rabu, 12 Oct 2016 08:12 WIB
apple
Pengamat: Penjualan iPhone Meningkat Tahun Ini
Apple akan dapat menambah penjualan iPhone sebanyak 8 juta unit sebagai dampak keputusan Samsung Galaxy Note 7.

Metrotvnews.com: Keputusan Samsung memberhentikan produksi Galaxy Note 7 akan menghadirkan peluang bagi Apple untuk mengisi celah yang ditinggalkan smartphone flagship tersebut, dengan menambahkan perangkat penjualan iPhone.

Analis Drexel Hamilton, Brian White, memperkirakan akibat hal ini, Apple akan dapat menambahkan sebanyak delapan juta unit pada penjualan iPhone.

Prediksi ini disimpulkan berdasarkan ekspektasi awal White bahwa Samsung akan menjual 10 juta hingga 14 juta Galaxy Note 7 pada pertengahan tahun kedua 2016. White juga memperkirakan Apple akan dapat meraih 57 persen hingga 80 persen pangsa pasar, yang sebelumnya merupakan ranah Samsung Galaxy Note 7.

Namun, White juga menyebut, bahkan tanpa bantuan dari insiden yang dialami Samsung Galaxy Note 7, model baru iPhone tetap akan mendapatkan sambutan yang baik dari konsumen di sejumlah wilayah, salah satunya di Tiongkok.

Berdasarkan penjualan pada 30 toko ritel di Shenzhen, Tiongkok, iPhone memimpin di ranah kompetisi. Menurut Phone Arena, secara keseluruhan, pembeli smartphone di Tiongkok lebih memilih iPhone 7 Plus ketimbang iPhone 7. Selain itu, dua warna hitam terbaru juga menjadi primadona di kalangan konsumen Tiongkok.

Selain itu, Samsung Galaxy Note 7 juga diperkirakan akan menjadi perangkat penutup tahun ini sebagai tahun yang menyenangkan untuk Samsung, setelah dua perangkat lainnya yaitu Samsung Galaxy S7 dan Samsung Galaxy S7 Edge mendapatkan sambutan baik oleh konsumen.

Namun, kondisi tersebut berubah sejak Samsung memutuskan untuk menghentikan produksi Samsung Galaxy Note 7. Tidak hanya menghentikan produksi, Samsung juga meminta pemilik perangkat untuk tidak menggunakan perangkat tersebut lagi.

Dinilai sebagai langkah yang tepat, keputusan Samsung akan perangkat yang telah menjadikan tahun 2016 sebagai tahun yang berkesan bagi divisi smartphone Samsung ini akan berdampak signifikan terhadap penjualan perangkat kompetitornya, salah satunya adalah iPhone.


(MMI)