Pengamat: Penjualan iPhone Meningkat Tahun Ini

Lufthi Anggraeni    •    Rabu, 12 Oct 2016 08:12 WIB
apple
Pengamat: Penjualan iPhone Meningkat Tahun Ini
Apple akan dapat menambah penjualan iPhone sebanyak 8 juta unit sebagai dampak keputusan Samsung Galaxy Note 7.

Metrotvnews.com: Keputusan Samsung memberhentikan produksi Galaxy Note 7 akan menghadirkan peluang bagi Apple untuk mengisi celah yang ditinggalkan smartphone flagship tersebut, dengan menambahkan perangkat penjualan iPhone.

Analis Drexel Hamilton, Brian White, memperkirakan akibat hal ini, Apple akan dapat menambahkan sebanyak delapan juta unit pada penjualan iPhone.

Prediksi ini disimpulkan berdasarkan ekspektasi awal White bahwa Samsung akan menjual 10 juta hingga 14 juta Galaxy Note 7 pada pertengahan tahun kedua 2016. White juga memperkirakan Apple akan dapat meraih 57 persen hingga 80 persen pangsa pasar, yang sebelumnya merupakan ranah Samsung Galaxy Note 7.

Namun, White juga menyebut, bahkan tanpa bantuan dari insiden yang dialami Samsung Galaxy Note 7, model baru iPhone tetap akan mendapatkan sambutan yang baik dari konsumen di sejumlah wilayah, salah satunya di Tiongkok.

Berdasarkan penjualan pada 30 toko ritel di Shenzhen, Tiongkok, iPhone memimpin di ranah kompetisi. Menurut Phone Arena, secara keseluruhan, pembeli smartphone di Tiongkok lebih memilih iPhone 7 Plus ketimbang iPhone 7. Selain itu, dua warna hitam terbaru juga menjadi primadona di kalangan konsumen Tiongkok.

Selain itu, Samsung Galaxy Note 7 juga diperkirakan akan menjadi perangkat penutup tahun ini sebagai tahun yang menyenangkan untuk Samsung, setelah dua perangkat lainnya yaitu Samsung Galaxy S7 dan Samsung Galaxy S7 Edge mendapatkan sambutan baik oleh konsumen.

Namun, kondisi tersebut berubah sejak Samsung memutuskan untuk menghentikan produksi Samsung Galaxy Note 7. Tidak hanya menghentikan produksi, Samsung juga meminta pemilik perangkat untuk tidak menggunakan perangkat tersebut lagi.

Dinilai sebagai langkah yang tepat, keputusan Samsung akan perangkat yang telah menjadikan tahun 2016 sebagai tahun yang berkesan bagi divisi smartphone Samsung ini akan berdampak signifikan terhadap penjualan perangkat kompetitornya, salah satunya adalah iPhone.


(MMI)

Xiaomi  Mi 7 Muncul di MWC 2018?
MWC 2018

Xiaomi Mi 7 Muncul di MWC 2018?

15 hours Ago

Xiaomi akan turut hadir di ajang MWC 2018 mendatang, dan dikabarkan akan mengumumkan Mi 7.

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.