Hacker 19 Tahun Berhasil Jailbreak iPhone 7

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Jumat, 23 Sep 2016 13:58 WIB
iphone 7
Hacker 19 Tahun Berhasil Jailbreak iPhone 7
Meski masih baru, iPhone 7 telah berhasil di-jailbreak. (Spencer Platt / Getty Images / AFP)

Metrotvnews.com: Apple mengklaim iPhone 7 sebagai "iPhone terbaik dan tercanggih yang pernah ada." Namun, tampaknya, hal ini bukan berarti iPhone 7 kebal dari peretasan.

Seorang hacker remaja telah menemukan cara untuk melakukan jailbreak pada iPhone 7 yang menggunakan iOS 10 sehingga dia mendapatkan kendali penuh atas ponsel itu dan dapat memasang aplikasi apapun, termasuk yang dilarang oleh Apple.

Hacker berumur 19 tahun ini, yang bernama Luca Todesco dan dikenal dengan nama qwertyuiop di dunia online, melakukan peretasan sistem dengan memanfaatkan bug yang dia temukan. Dia berkata, untuk meretas sistem iPhone 7, dia hanya memerlukan waktu 24 jam.

"Mereka memang membuat hidup saya jadi lebih susah," kata Todesco, yang dikenal dengan reputasinya untuk menemukan bug dan melakukan jailbreak pada iPhone, pada Motherboard.

"Dengan iPhone 7, Apple telah melangkah di jalan yang benar. Jelas, ia tidak 100 persen aman -- sama seperti semua perangkat lain."

Todesco tampaknya menjadi orang pertama yang berhasil melakukan jailbreak pada iPhone 7. Dia memamerkan kesuksesannya di Twitter pada hari Rabu lalu, hanya 5 hari setelah peluncuran iPhone 7 dan hanya satu minggu setelah peluncuran iOS 10.

"Ini adalah iPhone 7 yang telah di-jailbreak," kata Todesco dalam sebuah cuitan. Dalam tweet tersebut, dia juga melampirkan sebuah screenshot yang menunjukkan bahwa dia berhasil mengakses "root".
 
Dia juga membuat video untuk membuktikan bahwa dia memang berhasil melakukan jailbreak pada iPhone 7. Anda dapat menonton videonya di bawah ini.



Todesco berkata, saat ini, dia tidak akan mengumumkan cara yang dia gunakan untuk melakukan jailbreak, setidaknya sampai Apple meluncurkan patch untuk memperbaiki bug yang dia eksploitasi. Dia juga berkata, dia bisa saja ikut serta dalam kontes pemburuan bug yang diadakan oleh Apple. Namun, dia belum menentukan apakah dia hendak melakukan itu atau tidak.

Todesco mengaku, dia ingin menyempurnakan eksploitasi yang dia lakukan sehingga proses jailbreak menjadi lebih "mulus". Selain itu, dia juga ingin membuat agar proses jailbreak bisa dilakukan melalui Safari, seperti "jailbreakme.com", yang memungkinkan seseorang untuk melakukan jailbreak pada iPhone 4 mereka hanya dengan mengklik di sebuah tautan.

Meskipun Todesco tidak menjelaskan cara melakukan jailbreak ke umum, para ahli keamanan percaya, akan ada orang lain yang menemukan cara untuk melakukan jailbreak pada iPhone 7. Tidak tertutup kemungkinan, telah ada orang yang berhasil melakukan itu tanpa memberitahu siapapun.

"Kemungkinan, usaha untuk melakukan jailbreak tidak akan berhenti," kata Ryan Duff, seorang peneliti keamanan dan mantan anggota US Cyber Command. "Informasi untuk melakukan jailbreak sangat disayangkan jika diberikan secara gratis karena informasi ini bisa dijual seharga lebih dari USD500 ribu (Rp6,6 miliar)."

Will Strafach, seorang peneliti keamanan iOS yang juga pernah untuk mencari cara melakukan jailbreak mengatakan, tampaknya, Todesco merupakan orang "yang dapat dipercaya" pertama yang mengklaim dapat melakukan jailbreak pada iPhone 7 meski dia juga telah mendengar rumor yang menyebutkan, tim Tiongkok telah berhasil melakukan hal yang sama.

Saat diminta untuk berkomentar tentang apa yang dilakukan oleh Todesco, juru bicara Apple menyebutkan bahwa tampaknya, jailbreak dari Todesco belum beredar luas. 

"Apple mendorong pengguna untuk tidak mengunduh software peretas iOS," kata Apple dalam halaman tentang jailbreak. Ketika ditanya apakah jailbreak yang dilakukan oleh Todesco memang benar, juru bicara Apple berkata, "Saya tidak tahu, tapi melihat rekam jejaknya, saya tidak akan terkejut."


(MMI)

Ini Cara Bedakan Galaxy Note 7 Lama dengan Versi Terbaru

Ini Cara Bedakan Galaxy Note 7 Lama dengan Versi Terbaru

2 days Ago

Melalui situs resminya, Samsung memberitahukan pihaknya telah memberikan tanda khusus untuk mem…

BERITA LAINNYA
Video /