Facebook Berbagi Data Pengguna dengan 52 Perusahaan Teknologi

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Senin, 02 Jul 2018 08:41 WIB
media sosialfacebook
Facebook Berbagi Data Pengguna dengan 52 Perusahaan Teknologi
Facebook mengaku bahwa mereka membagikan data pengguna dengan 52 perusahaan teknologi. (AFP PHOTO / Lionel BONAVENTURE)

Jakarta: Bukan rahasia bahwa Facebook membagikan data pengguna dengan pembuat perangkat dan software.

Namun, sekarang, perusahaan media sosial itu menjelaskan tentang informasi apa saja yang mereka berikan, setelah Komite Perdagangan dan Energi Amerika Serikat meminta penjelasan terkait hal itu. 

Dalam laporan sepanjang 747 halaman yang mereka serahkan, Facebook menjelaskan bahwa mereka membagikan data pengguna dengan 52 perusahaan, termasuk perusahaan Tiongkok seperti Alibaba, Huawei, Lenovo dan Oppo.

Sebanyak 38 perjanjian ini telah berakhir, sementara 7 perjanjian lain akan berakhir pada bulan Juli 2018 dan 1 lainnya pada Oktober, lapor Engadget

Ada tiga kerja sama yang masih akan berlanjut, ungkap Facebook. Apple memiliki perjanjian yang akan berlanjut hingga melewati Oktober, begitu juga dengan Amazon.

Sementara Tobii memiliki perjanjian kerja sama untuk aplikasi pelacak gerak mata yang memungkinkan Facebook digunakan oleh para penderita ALS. Facebook juga masih akan bekerja sama dengan Alibaba, Mozilla dan Opera, yang memungkinkan notifikasi Facebook tampil di peramban.

Memang, pembagian data ini tidak selalu bertujuan jahat. Namun, ada kekhawatiran bahwa Facebook membagikan data pengguna lebih banyak dari yang boleh mereka bagikan. 

Menurut Komisi Dagang Federal AS, Facebook harus meminta izin pengguna jika mereka ingin membagikan informasi lebih dari apa yang diizinkan oleh sang pengguna dalam pengaturan.

Meskipun begitu, Facebook mengatakan dalam kasus ini, vendor yang bekerja sama dengan mereka adalah pemasok dan bukannya pihak ketiga. 


(MMI)

Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.