Nomor Terblokir Akibat Tidak Registrasi Bisa Aktif Lagi?

Cahyandaru Kuncorojati    •    Selasa, 08 May 2018 18:04 WIB
telekomunikasi
Nomor Terblokir Akibat Tidak Registrasi Bisa Aktif Lagi?
Ilustrasi kartu SIM.

Jakarta: Kementerian Komunikasi dan Informatika mengunggah pengumuman terkait pelaksanaan registrasi ulang nomor prabayar, sudah berakhir pada 30 April 2018. Isinya menyebutkan bahwa nomor yang terblokir bisa diaktifkan lagi.

Hal ini membuat sebagian pihak terutama masyarakat bingung. Ada yang sudah buru-buru melakukan registrasi ulang hingga ke gerai resmi agar tidak diblokir.

Kini justru yang sudah diblokir bisa aktifkan kembali. Muncul anggapan bahwa proses registrasi ulang yang kemarin diberlakukan justru sia-sia.

Berdasarkan informasi yang diterima Medcom.id dari Ketua Umum Asosiasi Penyelenggara Telekomunikasi Seluruh Indonesia (ATSI) Merza Fachys, disebutkan tidak ada yang salah dari pengumuman Kementerian Kominfo tersebut.

Masyarakat tetap bisa menggunakan satu Nomor Induk Kependudukan (NIK) bisa memiliki lebih dari tiga nomor.

"Sejak awal kebijakannya keluar memang tidak ada batasan kepemilikan nomor untuk satu NIK. Justru untuk registrasi nomor yang dilakukan secara mandiri hanya boleh tiga nomor, lebih dari itu maka mekanisme registrasinya bisa dengan cara datang langsung ke gerai resmi operator," ungkap Merza.

Merza menekankan proses registrasi ini tetap membutuhkan NIK serta Kartu Keluarga (KK) sehingga proses registrasi ulang tetap tervalidasi sesuai data kependudukan juga.

Selain itu, menurutnya proses pengaktifan nomor yang sudah terblokir dengan mekanisme yang sama juga tidak ada salahnya.

"Tapi nomor yang sudah terblokir ini akan dianggap sebagai nomor baru, jadi tetap harus melakukan resgitrasi. Mekanisme registrasinya sepeti yang tadi dijelaskan, tetap menyertakan NIK dan KK yang juga harus valid," imbuh Merza.

Menurutnya keputusan Kementerian Kominfo kali ini justru sangat memanjakan konsumen untuk bisa tetap menggunakan nomor kesayangannya.

Lantas bagaimana dengan pulsa dari nomor yang sudah terblokir? Berdasarkan surat edaran dari Ketua Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) Ahmad M Ramli, pihaknya sudah menginstruksikan kepada seluruh operator seluler untuk tetap menyimpan pulsa/kredit dari nomor terblokir.

Operator seluler juga diberikan kewenangan masing-masing untuk menyediakan mekanisme pengaktifkan kembali nomor yang sudah diblokir akibat tidak melakukan registrasi.


(MMI)

Roccat Kone AIMO, Premium Pakai Kecerdasan Buatan
Review Mouse Gaming

Roccat Kone AIMO, Premium Pakai Kecerdasan Buatan

4 days Ago

Roccat Kone AIMO digolongkan sebagai mouse gaming premium dengan fitur yang sangat pantas dimil…

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.