Toshiba akan Jual Sebagian Bisnis Memori

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Senin, 30 Jan 2017 12:11 WIB
western digitalpanasonic-toshiba hengkang
Toshiba akan Jual Sebagian Bisnis Memori
Toshiba berencana untuk menjual sebagian divisi memorinya. (AFP PHOTO / KAZUHIRO NOGI)

Metrotvnews.com: Toshiba mengumumkan bahwa mereka akan menjual sebagian dari bisnis flash memori mereka, termasuk bisnis SSD dari Storage & Business Device Solutions Division kepada pihak yang belum disebutkan.

Toshiba, yang membuat NAND flash pada awal 1980-an, mengumumkan minggu lalu bahwa mereka berencana untuk memisahkan bisnis memori mereka.

Nikkei Asian Review berkata bahwa Toshiba telah memikirkan untuk memisahkan operasi semikonduktor mereka dan menjual sebagian saham ke Western Digital (WD) dalam usahanya untuk mengatasi kerugian yang diakibatkan oleh unit tenaga nuklir mereka di Amerika Serikat.

Akhir pekan lalu, Toshiba belum mengonfirmasi bahwa mereka akan menjual pada WD, seperti yang disebutkan oleh Computer World. Toshiba menyebutkan, mereka sedang mempertimbangkan dengan hat-hati tentang aset yang akan ditransfer jika perusahaan terpecah. Dengan begitu, diharapkan perpecahan ini tidak mengganggu operasi bisnis Memory setelah transaksi selsai.

Kepada investor, perusahaan asal Jepang ini menjelaskan, dengan memisahkan bisnis memori, mereka berharap hal ini akan membantu mereka untuk tumbuh dengan bantuan investasi dari rekan mereka. Sebelum ini, Toshiba dan WD telah bekerja sama dalam pabrik memori, seperti pabrik Fab 2 yang ada di Yokkaichi, Jepang.

Kemampuan Toshiba untuk mendapatkan modal saat ini sedang dipertanyakan karena adanya skandal akuntansi senilai USD1.9 miliar (Rp25,3 triliun) dan kerugian besar yang mereka terima karena membeli pabrik nuklir di AS. Minggu lalu, Toshiba mengumumkan bahwa saham mereka jatuh 13 persen setelah muncul laporan bahwa bisnis tenaga nuklir mereka merugi USD4.4 miliar (Rp58,7 triliun).

"Masalah keuangan adalah penyebab utama tidak bisa tumbuhnya bisnis memori mereka," ujar Sean Yang, Research Director dari DRAMeXchange.


(MMI)

Huawei Nova 2i, Jawaban 4 Kamera di Kelas Menengah
Review Smartphone

Huawei Nova 2i, Jawaban 4 Kamera di Kelas Menengah

1 week Ago

Huawei Nova 2i dilengkapi dengan 4 kamera. Inilah ulasan lengkap performanya. 

BERITA LAINNYA
Video /