2 Seri Server x86 Anyar Fujitsu untuk Perusahaan Digital

Riandanu Madi Utomo    •    Selasa, 18 Oct 2016 15:06 WIB
fujitsu
2 Seri Server x86 Anyar Fujitsu untuk Perusahaan Digital
Saat peluncuran dua model server baru dari Fujitsu.

Metrotvnews.com, Jakarta: Fujitsu Indonesia hari ini mengumumkan dua model terbaru yang akan melengkapi jajaran server x86 PRIMEQUEST.

Model terbaru tersebut terdiri dari seri 2800B3 dan 2800E3 yang dikatakan cocok untuk perusahaan atau instansi yang ingin bermigrasi ke sistem server x86. Keduanya juga diklaim telah memiliki standarisasi kelas industri yang hadir dengan fitur zero downtime.

Jajaran server Fujitsu PRIMEQUEST terbaru kali ini ditujukan khusus untuk perusahaan digital yang ingin memiliki platform server yang lebih fleksibel. Karena berbasis x86 yang merupakan open platform, server Fujitsu PRIMEQUEST memiliki berbagai kelebihan yang tidak dimiliki oleh server berbasis UNIX. Salah satunya adalah bisa menjalankan berbagai sistem operasi, mulai dari Windows Server, Linux, hingga UNIX.

"Seri terbaru server PRIMEQUEST kali ini hadir dengan performa yang lebih baik, sehingga cocok digunakan untuk menyokong transformasi digital," ujar Managing Director Fujitsu Indonesia, Achmad S Sofwan. "Server ini juga bisa dijadikan solusi bagi perusahaan yang ingin bermigrasi dari sistem server UNIX ke server x86."

Fujitsu PRIMEQUEST 2800E3 merupakan seri server terbaru yang hadir dengan komponen serta teknologi terkini. Didukung oleh prosesor Intel Xeon E7-8800 v4, PRIMEQUEST 2800E3 dikatakan telah dapat mendapatkan upgrade hingga memiliki total prosesor 192 core. Server ini juga mampu menghadirkan kapasitas memori DDR4 hingga 24TB dan dirancang untuk melakukan berbagai komputasi berat.



Sementara PRIMEQUEST 2800B3 merupakan seri server tipe rak yang dirancang untuk operasional database dan menunjang berbagai aplikasi perusahaan. Seperti saudaranya, PRIMEQUEST 2800B3 ditenagai oleh prosesor Intel Xeon E7-8800 v3 dan didukung oleh memori DDR4 hingga 24TB. Bedanya, PRIMEQUEST 2800B3 telah hadir dengan 32 slot PCIe 3.0 dan teknologi RAS terbaru.

Kedua server tersebut juga telah mendukung berbagai aplikasi perusahaan yang berbasis UNIX mulai dari SAP, ERP, dan Oracle Database. Selain itu, dua server baru ini juga telah memiliki sertifikasi SAP HANA. Kedua server ini juga bisa menjalankan 8 sistem sekaligus dalam satu box server.

Fitur lain yang diunggulkan di server Fujitsu PRIMEQUEST terbaru kali ini adalah Dynamic Configuration. Melalui fitur tersebut, pengguna bisa melakukan konfigurasi sumber daya pemrosesan sesuai dengan kebutuhan dalam tenggang waktu tertentu. Uniknya, pengaturan tersebut juga bisa dilakukan secara online dan diklaim bisa dilakukan oleh non-teknisi karena memiliki antarmuka yang ramah pengguna.

Kedua server ini sudah bisa dipesan di Indonesia, tapi pengirimannya baru bisa dilakukan bulan depan. Sejauh ini, Fujitsu mengklaim telah ada beberapa pelanggan yang memesan server ini. Salah satunya adalah konsumen dari bidang pemerintah dan penyedia layanan internet.

Untuk pasarnya sendiri, Fujitsu menargetkan pelaku di bidang perbankan, pemerintahan, e-commerce, serta enterprise. Sementara untuk masalah harga, Fujitsu membanderol dua server barunya ini dengan harga mulai dari Rp3,5 miliar. Harga tersebut bisa bervariasi tergantung konfigurasi hardware dan sudah termasuk layanan troubleshooting.


(MMI)