Vulkan SIap Dukung Kartu Grafis Ganda di Windows dan Linux

Riandanu Madi Utomo    •    Jumat, 24 Mar 2017 14:28 WIB
software and technology
Vulkan SIap Dukung Kartu Grafis Ganda di Windows dan Linux
API grafis Vulkan banyak diliriuk oleh developer game

Metrotvnews.com: Perusahaan software Khronos Group baru-baru ini mengkonfirmasi API grafis Vulkan akan dapat digunakan di PC yang menggunakan kartu grafis ganda.

Dukungan kartu grafis ganda ini juga dikatakan tidak akan terikat pada pengguna Windows 10 saja. Artinya, pengguna Windows 7, 8.1, dan Linux juga akan bisa menikmati dukungan penggunaan kartu grafis ganda di game yang menggunakan API Vulkan.

Menurut TechPowerUp, Khronos Group juga mengetahui beberapa developer game saat ini tengah mencoba mengembangkan game yang mendukung penggunaan kartu grafis ganda selain di Windows 10. Hal tersebut tentu saja berita baik bagi Vulkan yang memang keunggulan utamanya adalah menghadirkan teknologi grafis modern di berbagai sistem operasi, tidak seperti DirectX 12 yang hanya terikat di Windows 10 saja.

Pengumuman ini juga merupakan bentuk klarifikasi pihak Khronos Group terhadap beberapa presentasi developer game di ajang GDC 2017 kemarin. Di acara tersebut, beberapa developer game mengatakan dukungan kartu grafis ganda Vulkan hanya dapat dijalankan menggunakan Windows Display Driver Model (WDDM) dan harus terhubung dengan  Linked Display Adapter (LDA). Hal tersebut membuat dukungan kartu grafis ganda Vulkan hanya bisa dijalankan di Windows 10.

Pihak Khronos Group menyangkal pernyataan tersebut dan memastikan dukungan kartu grafis ganda pada Vulkan akan berjalan tanpa harus menggunakan WDDM. Dengan demikian, Vulkan bisa mendukung penggunaan kartu grafis ganda tidak hanya di Windows 10.

Vulkan merupakan API grafis yang sedang dilirik oleh banyak developer game karena terbukti mampu bekerja lebih optimal dari OpenGL dan lebih terbuka dari DirectX. Popularitasnya mencuat setelah diimplementasi dalam game DOOM dan mampu memberikan peningkatan performa yang signifikan.


(MMI)

Nokia 2, Smartphone Paling Terjangkau dari HMD
Review Smartphone

Nokia 2, Smartphone Paling Terjangkau dari HMD

1 week Ago

Nokia 2 merupakan smartphone kelas pemula dari HMD. Ini ulasan tentang kelebihan dan kelemahann…

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.