Instagram Mulai Pasang Blokir Komentar Otomatis

Lufthi Anggraeni    •    Jumat, 30 Jun 2017 09:37 WIB
instagram
Instagram Mulai Pasang Blokir Komentar Otomatis
Instagram merilis fitur blokir komentar menyinggung secara otomatis.

Metrotvnews.com: Media sosial menjadi lahan subur bagi penggunanya untuk menyebarkan komentar menyinggung di akun pengguna lain ataupun figur publik. Hal ini turut memicu kekhawatiran anggota masyarakat, termasuk Instagram.

Menyadari hal tersebut, Instagram meluncurkan fitur baru, memungkinkan pengguna untuk memblokir komentar menyinggung secara otomatis. Filter ini dapat difungsikan pada unggahan dan video langsung.

Tidak hanya menyinggung, filter ini juga mampu memblokir komentar yang mengandung unsur kekerasan. Bersamaan dengan filter tersebut, Instagram juga memperkenalkan filter untuk komentar tidak terkait konten atau spam.

Kedua filter ini didukung oleh mesin pembelajaran, menjelaskan alasan Instagram tidak menjabarkan kriteria yang menjadikan kalimat sebagai komentar menyinggung. Filter tersebut awalnya hanya mendukung bahasa Inggris.

Namun Instagram tengah berupaya untuk memperluas kemampuannya pada filter spam dengan dukungan delapan bahasa lain, yaitu Spanyol, Portugis, Arab, Perancis, Jerman, Rusia, Jepang dan Tiongkok.

Instagram juga menyebutkan bahwa algoritma yang digunakan pada teknologi di filter ini akan mengalami perbaikan dari waktu ke waktu. Instagram meminta pengguna untuk sedikit bersabar jika filter belum sebaik yang diharapkan di awal kehadirannya. Filter tersebut juga dapat diaktifkan dan dinonaktifkan secara manual melalui pengaturan aplikasi.


(MMI)

Video /