Google Kembangkan Fitur Pemblokir Iklan untuk Chrome?

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Kamis, 20 Apr 2017 11:21 WIB
internetgoogle
Google Kembangkan Fitur Pemblokir Iklan untuk Chrome?
Chrome dikabarkan akan memiliki fitur pemblokir iklan nanti. (AP Photo / Mark Lennihan)

Metrotvnews.com: Google berencana untuk memperkenalkan fitur pemblokiran iklan di Chrome, baik di desktop maupun mobile.

Fitur ini tidak akan aktif secara otomatis. Ia akan menghilangkan iklan yang dianggap "tidak pantas" oleh grup industri Koalisi Iklan yang Lebih Baik. 

Menurut The Verge, iklan "tidak pantas" termasuk iklan pop-up, video yang otomatis aktif dan iklan yang disebut prestitial ad atau iklan yang menutupi seluruh layar dan muncul sebelum Anda masuk ke situs yang Anda tuju. Namun, masih belum diketahui bagaimana Google akan mengimplementasikan fitur ini. 

Salah satu cara yang bisa mereka lakukan adalah dengan memblokir semua iklan dalam sebuah situs jika ia memasukkan satu iklan yang tidak pantas. Hal ini akan mendorong pemilik situs untuk memastikan bahwa semua iklan yang ada di situsnya memenuhi standar. Opsi lainnya adalah dengan memblokir iklan yang dianggap tidak pantas saja.

Tidak peduli opsi mana yang Google pilih, masih belum diketahui bagaimana Google akan mengimplementasikannya. Saat diminta untuk berkomentar tentang hal ini, Google menolak untuk mengatakan apapun.

Keputusan ini mungkin terdengar agak aneh, mengingat bisnis utama Google adalah iklan. Pada saat yang sama, Google juga pasti ingin memastikan para pengguna internet tidak menggunakan alat untuk memblokir iklan dari pihak ketiga karena alat tersebut di luar kendali Google. 

Selama ini, perusahaan pencarian raksasa tersebut memang pernah melarang atau mencegah iklan yang merusak pengalaman pengguna dengan memblokir pop-up pada halaman baru dan memperingatkan pengguna akan halaman yang mengandung malware.

Jadi, jika Google memutuskan untuk mengembangkan fitur pemblokiran iklan, mereka sama saja membersihkan praktek iklan yang kurang baik untuk memastikan pengguna tetap dapat menjelajah internet tanpa terganggu. 


(MMI)

Penggemar Sejati Final Fantasy Boleh Main Dissidia Final Fantasy NT
Review Game

Penggemar Sejati Final Fantasy Boleh Main Dissidia Final Fantasy NT

15 hours Ago

Dissida Final Fantasy NT merupakan game sekaligus fan service bagi penggemar dan pengikut setia…

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.