Membandingkan Moto G5S Plus dan Xiaomi Mi A1 yang Dirilis Jeda 1 Hari

Cahyandaru Kuncorojati    •    Rabu, 20 Sep 2017 21:58 WIB
teknologimotorolaxiaomi
Membandingkan Moto G5S Plus dan Xiaomi Mi A1 yang Dirilis Jeda 1 Hari
Motorola memperkenalkan smartphone berkamera ganda pertama yang mereka ciptakan.

Metrotvnews.com, Jakarta: Minggu ini ada dua merek yang merilis ponsel pintar dengan dua kamera ganda, bahkan jedanya hanya selang 1 hari. Moto dengan G5S Plus dan Xiaomi lewat Mi A1 yang sama mengandalkan kamera ganda, membuat keduanya bersaing secara langsung.

Moto G5S Plus dirilis pada tanggal 19 September dan Xiaomi Mi A1 sehari setelah, tanggal 20 September. Di atas panggung, keduanya memamerkan keunggulan kamera gandanya. Satu hal yang paling menarik bagi konsumen adalah harganya yang diklaim sama-sama terjangkau. 

Dari segi desain, keduanya sama-sama mengusung desain ciri khas mereka. Jika desain Moto G5s Plus tampak seperti turunan dari Moto Z2 Play, Xiaomi Mi A1 justru hadir dengan desain serupa Redmi Note 4, hanya saja lebih slim dengan desain membulat. Kedua brand tersebut sama-sama membalut perangkat terbaru mereka dengan material full metal.



Untuk ukuran layar yang melekat, Moto G5S Plus hadir dengan ukuran 5,5 inci Full HD. Spesifikasi tersebut masih sama dengan Xiaomi Mi A1. Masuk pada bagian dalam kedua smartphone tersebut pengguna juga akan disuguhkan antarmuka Android murni. 

Namu,n hal yang membedakannya adalah, Xiaomi Mi A1 merupakan smartphone proyek Google Android One sehingga ada aplikasi bawaan Google yang tidak ditemukan pada Moto G5S Plus yang sekadar menampilkan antarmuka Android murni tapi tidak pada sistemnya. Misalnya saja, aplikasi keamanan siber Google Play Protect yang ada pada Xiaomi Mi A1.



Hal ini juga berpengaruh terhadap sistem operasi kedua perangkat yang sejak awal sudah dibenamkan Android 7.1 Nougat. Apabila Xiaomi Mi A1 nantinya dipastikan bisa menerima Android Oreo dan Android P saat nanti dirilis, maka Moto G5S Plus hanya bisa diperbaharui hingga Android Oreo. Keisitimewaan ini adalah fitur umum untuk jajaran smartphone yang masuk dalam daftar proyek Google Android One.

Urusan dapur pacu keduanya ternyata dibekali otak yang sama, yaitu Qualcomm Snapdragon 625 octa-core 2.0GHz dengan dukungan RAM 4GB. Perbedaanya terletak pada memori internal yang disediakan, Moto G5S Plus dibekali kapasitas 32GB dan Xiaomi Mi A1 berkapasitas 64 GB. Keduanya bisa ditambah dengan kartu microSD untuk menambah kapasitas memori.

Untuk urusan kamera, kamera ganda yang keduanya gunakan sama-sama diletakkan pada kamera belakang namun tidak diketahui secara pasti apa sensor yang digunakan masing-masing karena diperlukan informasi lebih lanjut atau dengan cara membongkar bagian kamera kedua perangkat tersebut.

Moto G5S Plus menggunakan kamera ganda beresolusi masing-masing 13MP sedangkan Xiaomi Mi A1 menggunakan kamera ganda beresolusi 12MP pada masing-masing lensa. Kedua smartphone tersebut mengklaim mempunyai teknologi lensa yang berbeda, namun perlu dilakukan pengujian langsung untuk mengetahui perbedaan foto yang dihasilkan. Perbedaan lainnya yaitu kamera depan Moto G5S Plus beresolusi 8MP dan Xiaomi Mi A1 beresolusi 5MP. 

Untuk fitur lainnya kedua smartphone ini sama-sama sudah memiliki pemindai sidik jari. Kapasitas baterai yang disediakan hanya berbeda tipis di antara keduanya, dengan Moto G5S Plus berkapasitas 3.000 mAh dan Xiaomi Mi A1 sebesar 3.080 mAh. Harga pun terbilang sangat bersaing sebab Moto G5S Plus untuk masa pre-order di harga Rp 2.999.000 dan Xiaomi Mi A1 Rp3.099.000. 

 
  Moto G5S Plus  Xiaomi Mi A1
Prosesor Qualcomm Snapdragon 625 octa-core 2.0GHz Qualcomm Snapdragon 625 octa-core 2.0GHz
RAM 4GB 4GB
OS Android 7.1 Nougat (upgradeable to Oreo) Android Nougat 7.1 Nougat (upgradeable to Oreo & Android P)
Memori Internal 32GB 64GB
Kamera Depan 8MP & Belakang Kamera Ganda 13MP Depan 5MP & Belakang Kamera Ganda 12MP
Baterai 3.000 mAh 3.080 mAh
Layar 5,5 inci Full HD (1920 x 1080 pixel) 5,5 inci Full HD (1920 x 1080 pixel)
Harga Rp2.999.000 (pre order) Rp3.099.000



(MMI)

Huawei Nova 2i, Jawaban 4 Kamera di Kelas Menengah
Review Smartphone

Huawei Nova 2i, Jawaban 4 Kamera di Kelas Menengah

1 week Ago

Huawei Nova 2i dilengkapi dengan 4 kamera. Inilah ulasan lengkap performanya. 

BERITA LAINNYA
Video /