Intel Mulai Pensiunkan Prosesor Skylake

Riandanu Madi Utomo    •    Jumat, 08 Sep 2017 14:30 WIB
intel
Intel Mulai Pensiunkan Prosesor Skylake
Prosesor Intel Skylake sudah mulai dipensiunkan

Metrotvnews.com: Intel kabarnya akan menghentikan produksi beberapa prosesor generasi ke-6 Intel Skylake dalam waktu dekat. Dengan demikian, Intel akan lebih fokus ke penjualan prosesor barunya, yaitu Kaby Lake dan Coffee Lake yang juga bakal dirilis dalam waktu dekat.

Menurut ComputerBase, setidaknya ada empat prosesor Skylake yang bakal dipensiunkan. Prosesor tersebut di antaranya adalah Core i7-6700K, Core i5-6600K, Core i5-6420P, dan Core i3-6098P. Keempat jenis prosesor tersebut tidak akan dihadirkan lagi baik dalam bentuk OEM maupun retail (boxed).

Meski demikian, proses penghentian produksi ini akan berlangsung dalam jangka waktu yang cukup lama. Intel masih akan menerima pemesanan hingga bulan Maret 2018, dan gelombang pemasaran terakhir akan dilakukan pada bulan September 2018 mendatang.

Intel masih memiliki ruang untuk menyesuaikan pasar ke prosesor barunya, termasuk Cannon Lake yang dijadwalkan hadir tahun depan.

Yang jelas, mulai saat ini prosesor Skylake bakal mulai semakin langka di pasar. Pembuat PC OEM juga sudah beralih menggunakan Kaby Lake yang memiliki stabilitas dan performa lebih baik.


(MMI)