Gerakan Nasional 1000 Startup Digital Surabaya Masuk Tahap Hacksprint

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Senin, 14 Aug 2017 12:13 WIB
startupdigitalnkri
Gerakan Nasional 1000 Startup Digital Surabaya Masuk Tahap Hacksprint
Acara Hacksprint di Surabaya. (Kominfo)

Metrotvnews.com, Jakarta: Tahapan Hacksprint dari program Gerakan Nasional 1000 Startup Digital baru saja selesai diadakan di Surabaya pada 12-13 Agustus lalu.

Acara yang digelar di Aula Lebah Biru, Kantor Pusat Divisi Regional V Telkom ini dibuka dan diresmikan oleh Prof. Dr. Henri Subiakto, Staf Ahli Menteri Bidang Hukum Kementerian Komunikasi dan Informatika. 

Sama seperti yang dilakukan di Jakarta pada akhir bulan Juli lalu, dalam proses Hacksprint ini, 25 peserta diminta untuk mengikuti proses design sprint sebelum masuk ke dalam tahap pembuatan prototipe atau purwarupa di hari kedua. Dengan begitu, diharapkan, peserta akan dapat memaksimalkan produk yang mereka buat. 

Hacksprint ini dipimpin oleh pendiri dari Code for Indonesia, Prasetyo Andy Wicaksono. Di hari kedua, para peserta akan diminta untuk melakukan pitching atau presentasi dari produk mereka di hadapan para juri. Dari 25 peserta, ada 7 tim terpilih untuk melakukan Final Pitching. Ketujuh tim tersebut adalah Smartmom, Briogas, Visgard, Cari spg, Ortu, Proyekku dan Servond. 

Visgard adalah platform Smart Vehicle Security yang menawarkan keamanan berlapis yaitu password dan teknologi pengenalan wajah. Sementara Briogas adalah sistem instalasi biogas skala rumah tangga yang terintegrasi dengan perangkat smartphone. Ortu adalah platform yang berfungsi membantu orangtua muda untuk mengembangkan anaknya.

Hacksprint di Surabaya ini diikuti oleh 25 tim yang terdiri dari 3-5 orang. Secara keseluruhan, ada 109 peserta yang ikut, yang terdiri dari 36 Hacker (programmer), 32 Hipster (pendesain) dan 41 Hustler (pebisnis). 


(MMI)

Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.