DJI Rilis Mavic 2 Zoom dan Mavic 2 Pro

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Kamis, 27 Sep 2018 20:31 WIB
dronedji
DJI Rilis Mavic 2 Zoom dan Mavic 2 Pro
DJI rilis dua Mavic 2 baru. (Medcom.id)

Jakarta: DJI meluncurkan Mavic 2 Pro dan Mavic 2 Zoom di Indonesia. Mavic 2 Pro dihargai Rp26.499.000, sementara Mavic 2 Zoom dihargai Rp21.999.000.

Tidak aneh jika harga dari kedua drone itu mendekati harga drone Phantom dari DJI, mengingat perusahaan asal Tiongkok itu memang melengkapinya dengan berbagai teknologi baru. 

Mavic 2 Pro merupakan drone pertama yang menggunakan kamera dari Hasselblad, sementara DJI membanggakan Mavic 2 Zoom sebagai drone pertama yang memiliki kamera yang dapat melakukan optical zoom.

Memang, kedua drone ini dilengkapi untuk mereka yang ingin dapat mengambil konten dengan lebih canggih lagi. 

"Ketika kami bertanya pada para profesional tentang apa yang mereka inginkan dari produk kami yang berikutnya, mereka menyebutkan tiga hal," kata Kevin On, Direktur Komunikasi Global, DJI.

"Pertama, kamera yang lebih kaya fungsi, waktu terbang yang lebih lama dan drone yang lebih cerdas, sehingga mereka bisa fokus untuk mengambil gambar dan bukannya menerbangkan drone."



Natasha Grey, Senior Communication Manager DJI menjelaskan, Mavic 2 Zoom dilengkapi dengan sensor CMOS 1/2.3 inci yang dapat menggabungkan dua kali optical zoom dengan dua kali digital zoom dan tetap mengambil gambar dengan resolusi HD. Selain itu, Mavic 2 Zoom juga disebutkan akan bisa fokus hingga 40 persen lebih cepat. 

"Mendekati objek dengan drone adalah tantangan tersendiri. Setidaknya sampai hari ini," kata Natasha saat ditemui di Lapangan Gofl Senayan. Dia mencontohkan, Mavic 2 Zoom cocok untuk digunakan oleh orang yang ingin mengambil foto dari satwa liar di habitat alaminya. 

Sementara itu, Mavic 2 Pro memiliki sensor CMOS 1 inci yang dapat dilengkapi dengan profil warna Dlog-M 10-bit.

Kevin menjelaskan, ini memungkinkan Mavic 2 Pro untuk mengambil empat kali lebih banyak tingkat warna per saluran jika dibandingkan dengan Mavic Pro. Ini memungkinkan Anda untuk mengedit gambar dengan lebih leluasa. 



Mavic 2 Pro juga sudah didukung dengan fitur HDR 4K 10-bit. Sehingga Anda bisa memutar kembali rekaman yang Anda ambil pada TV 4K dan Anda akan mendapatkan komposisi warna yang sama. 

Mavic 2 dapat mengudara selama 31 menit. Kecepatan maksimalnya mencapai 72 kilometer per jam. Drone ini juga sudah dilengkapi dengan fitur ActiveTrack 2.0 yang memungkinkan drone untuk melacak suatu objek dan kembali menemukannya bahkan setelah drone kehilangan visual atas objek itu selama beberapa detik. 

Untuk fitur kamera, Hyperlapse menjadi salah satu fitur baru yang DJI tanamkan. Fitur ini memungkinkan Anda untuk mengambil video hyperlapse ketika drone tengah terbang.

Selain itu, DJI juga menambahkan fitur Dolly Zoom, memungkinkan Anda untuk mengambil video layaknya profesional tanpa harus repot menerbangkan drone



Mavic 2 juga memiliki Advanced Pilot Assistance System yang memungkinkan drone untuk menganalisa lingkungan sekitar sehingga ia bisa menghindari rintangan secara otomatis.

Natasha mengatakan, bahkan ketika sang pilot mengarahkan drone ke arah rintangan, drone akan secara otomatis menghindari rintangan itu. 

Drone terbaru dari DJI ini juga memiliki Under Auxiliary Light yang akan secara otomatis menyala untuk membantu drone mendarat ketika keadaan agak gelap. 


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.