SpaceX Bawa Satelit untuk Monitor Perubahan Iklim Bumi

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Rabu, 23 May 2018 15:36 WIB
antariksanasaSpaceX
SpaceX Bawa Satelit untuk Monitor Perubahan Iklim Bumi
Roket Falcon 9 membawa dua satelit GRACE-FO. (NASA / Bill Ingalls)

Jakarta: SpaceX meluncurkan roket Falcon 9 yang sudah pernah digunakan dari Vandenberg Air Force Base di California, Amerika Serikat. Roket ini akan membawa lima satelit komunikasi Iridium NEXT dan dua satelit observasi Bumi bernama GRACE-FO. 

Anda bisa menonton proses peluncuran dalam video di bawah ini. 



Engadget menyebutkan, satelit observasi Bumi GRACE-FO (Gravity Recovery and Climate Experiment Follow-On) adalah proyek kerja sama antara NASA dan Pusat Riset Jerman untuk Ilmu Bumi.

Kedua satelit ini merupakan pengganti dari misi GRACE pertama, yang berakhir pada 2017, lima tahun sejak misi itu dimulai. 

Kedua satelit ini didesain untuk bekerja sama, menggunakan sinyal microwave untuk saling berkomunikasi dengan tujuan memonitor siklus air Bumi, lapisan es dan atmosfer sehingga para peneliti bisa memelajari tentang perubahan iklim, baik yang disebabkan oleh manusia atau yang terjadi secara alami. 

Salah satu cara untuk menggunakan data dari GRACE-FO adalah untuk mengatur sumber daya air di Bumi dengan lebih efisien.

"Air memiliki peran penting dalam semua aspek kehidupan di Bumi -- untuk kesehatan, agrikultur dan mempertahankan cara kita hidup," kata GRACE-FO Science Lead dan Director, Michael Watkins dalam pernyataan resmi. 

"Anda tidak bisa mengatur air kecuali Anda bisa menghitungnya. GRACE-FO menawarkan cara unik untuk menghitung air dalam berbagai fase, memungkinkan kita untuk mengatur sumber air dengan lebih efektif."


(MMI)

Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.