Samsung Diduga Sengaja Bikin Harga Memori Mahal

Cahyandaru Kuncorojati    •    Selasa, 01 May 2018 14:16 WIB
samsung
Samsung Diduga Sengaja Bikin Harga Memori Mahal
DRAM buatan Samsung.

Jakarta: Samsung tidak hanya memproduksi smartphone, tapi juga komponen yang dibutuhkan perangkat komputasi. Salah satunya kartu memori DRAM yang digunakan pada laptop/desktop dan smartphone.

Dikutip dari PC GAMER, firma hukum Hagens Berman mengajukan tuntutan ke pengadilan negara bagian California, Amerika Serikat karena menemukan Samsung beserta produsen DRAM lainnya membuat kesepakatan bersama untuk menahan suplai komponen ke pasar sehingga bisa mematok harga yang mahal.

Selain Samsung, produsen lainnya seperti Hynix dan Micron merupakan produsen DRAM terbesar di dunia. Ketiga produsen ini menguasai 96 persen pasar gobal komponen DRAM pada pertengahan tahun 2017.

Firma hukum Hagens Berman menegaskan bahwa cara berbisnis tersebut diam-diam sudah dilakoni oleh ketiga perusahaan tersebut sejak tahun 2016. Oleh sebab itu, mereka menaruh perhatian kepada pendapatan ketiga perusahaan dari bisnis komponen DRAM yang berlipat ganda sejak Q1 2016 hingga Q3 2017.

Langkah ini tentu saja berdampak terhadap harga laptop/desktop serta smartphone yang juga menggunakan DRAM bisa ikut menjadi mahal. Konsumen yang membeli produk seperti laptop/desktop dan smartphone sejak Juli 2016 hingga Februari 2018 diduga termasuk sebagai korban dari kecurangan bisnis yang terjadi.

Firma Hagens Berman mengingatkan bahwa di tahun 2015 kasus serupa juga terjadierdasarkan pernyataan resmi Department of Justice Amerika Serikat di tahun 2015 Samsung mengakui keterlibatannya dan membayar sanksi denda sebesar USD300 juta atau Rp4,1 triliun.


(MMI)

Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.