Bangun di Kawasan Terpencil, Indosat Ooredoo Bawa BTS Pakai Kerbau

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Rabu, 28 Mar 2018 17:43 WIB
indosattelekomunikasi
Bangun di Kawasan Terpencil, Indosat Ooredoo Bawa BTS Pakai Kerbau
foto: Indosat

Jakarta: Bersama BPT3TI (Balai Penyedia dan Pengelola Pembiayaan Telekomunikasi dan Informatika), Indosat Ooredoo membangun 119 BTS (Base Transceiver Station) USO di kawasan tertinggal. Lebih dari 100 BTS ini tersebar di 7 provinsi. 

Adanya infrastruktur telekomunikasi di kawasan terluar Indonesia tidak hanya berfungsi untuk mendorong ekonomi dan sosial masyarakat, tapi juga dapat menjaga kedaulatan wilayah Indonesia.

Salah satu masalah yang dihadapi oleh operator saat membangun jaringan telekomunikasi di kawasan terpencil adalah ketiadaan infrastruktur seperti jalan yang memadai. 

Indosat bercerita, untuk membangun jaringan di Desa Wayagung, Kalimantan Utara, mereka harus menggunakan pesawat untuk membawa BTS ke tempat yang berbatasan dengan Malaysia tersebut.

Turun dari pesawat, BTS dibawa menggunakan mobil off-road dan diangkat dengan kerbau selama satu hari. 

"Kami sangat mengapresiasi pemerintah yang percaya pada kami untuk menjadi bagian dari pelaksana program USO," kata President Director dan CEO Indosat Ooredoo, Joy Wahjudi.

"Ini sejalan dengan misi dan komitmen kami untuk membangun infrastruktur telekomunikasi termasuk di kawasan terpencil."

Dalam enam tahun terakhir, Indosat Ooredoo memberikan kontribusi sebesar Rp1,8 triliun -- 1,25 persen dari pendapatan perusahaan -- untuk program USO.

Pada tahun 2017, Indosat Ooreodo membangun 119 BTS USO di 7 provinsi Indonesia yaitu Kepulauan Riau, Kalimantan Utara, Kalimantan Tengah, Kalimantan Barat, Nusa Tenggara Timur, Maluku, dan Maluku Utara.


(MMI)

Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.