Apple Bantah Minta Data ke Facebook

Lufthi Anggraeni    •    Rabu, 06 Jun 2018 11:36 WIB
apple
Apple Bantah Minta Data ke Facebook
Tim Cook membantah informasi hasil penyelidikan yang dilakukan New York Times terkait insiden data Facebook.

Jakarta: The New York Times mengumumkan hasil investigasi terkait insiden data Facebook, dan menandai bahwa sebagian besar perusahaan teknologi raksasa di Silicon Valley sebagai mitra dari kejahatan privasi yang dilakukan jejaring sosial tersebut.

Media dan penerbitan besar di Amerika Serikat tersebut mengklaim bahwa Facebook telah mencapai kemitraan terkait berbagi data dengan setidaknya 60 produsen perangkat, termasuk Apple, Amazon, BlackBerry, Microsoft dan Samsung, selama 10 tahun terakhir.

Selain itu, investigasi kolusi Rusia menyebabkan anggota parlemen menggunakan frasa seperti plugin aplikasi pihak ketiga dalam percakapan, sebagai kode untuk teknisi yang telah mengetahui permasalahan ini sejak lama.

Namun, dalam wawancara setelah acara WWDC, CEO Apple Tim Cook membantah klaim terkait kolusi tersebut.

Cook menyebut bahwa informasi yang disampaikan New York Times terkait status hubungan dan hal lain, merupakan hal asing bagi Apple. Cook juga menyebut bahwa Apple tidak pernah menerima ataupun meminta data dari Facebook.

Cook juga menyebut bahwa Apple tidak berkecimpung dalam bisnis data, dan tidak pernah menjadi pelaku bisnis tersebut. Selain itu, Cook menambahkan bahwa Apple tidak pernah mempertimbangkan untuk memaksimalkan jumlah penjualan perangkat ataupun jangka waktu pengguna memanfaatkan perangkatnya.

Tanggapan Cook di WWDC bukanlah tanggapan pertamanya terkait dengan insiden kebocoran data yang dialami Facebook. Sebelumnya, Cook memberi tanggapan dengan menyebut perusahaannya tidak akan menghadapi situasi ini.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.