Solusi Interaktif Cybernetyx untuk Segmen Pendidikan

Lufthi Anggraeni    •    Jumat, 18 May 2018 10:37 WIB
teknologi
Solusi Interaktif Cybernetyx untuk Segmen Pendidikan
Global Channel Resources mengumumkan kehadiran Cybernetyx EyeRIS 9090 FT di Indonesia.

Jakarta: Global Channel Resources mengumumkan kehadiran solusi interaktif untuk proyektor bertajuk Cybernetyx EyeRIS 9090 FT di Indonesia.

Solusi ini berupa unit sensor optik, berkemampuan melacak dan mempelajari lingkungan sekitar untuk menjadikan proyektor reguler menjadi proyektor interaktif.

"Potensi pasar proyektor di Indonesia tinggi, terutama di ranah proyektor interaktif, terbesar ada di bidang pendidikan. Cybernetyx ini menghadirkan peluang untuk dikombinasikan dengan proyektor reguler dan whiteboard sehingga menjadi interaktif," ujar Vice President of Sales Global Channel Resources Charles Chen.

Cybernetyx EyeRIS 9090 FT ini disebut ditawarkan untuk konsumen yang membutuhkan kemampuan yang dimiliki oleh proyektor interaktif, namun dengan anggaran terbatas seperti institusi pendidikan atau sekolah.

Seperti yang telah diketahui masyarakat, proyektor interaktif tersebut dipasarkan dengan harga tinggi, sekitar dari Rp40 juta.

Ditawarkan berupa sejumlah sensor yang dapat dipasangkan di papan tulis, proyektor dan komputer bermerek apapun, Cybernetyx EyeRIS 9090 FT hadir dalam dua pilihan yaitu dengan versi berfitur sentuhan jari seharga Rp12.775.000, dan dalam versi berbekal stylus seharga Rp10.565.000.

Selain sensor yang dipasangkan di atas papan tulis yang juga dihubungkan dengan proyektor dan komputer, Cybernetyx EyeRIS 9090 FT ditawarkan dengan software InteliSpace, berkemampuan untuk mengenali gestur yang dilakukan oleh pengguna saat melakukan presentasi, seperti menulis, dan menampilkannya dengan tampilan lebih sempurna.

Selain itu, software ini juga dilengkapi dengan kemampuan mendokumentasikan hasil coretan pada presentasi di papan tulis bersensor Cybernetyx EyeRIS 9090 FT ini, sehingga dapat disimpan dalam format PDF, ONG atau Movie, dan dibagikan setelahnya.

Menjadikan pasar pendidikan sebagai segmen targetnya sebagai pasar proyektor dominan di Indonesia dengan persentase sebesar 60 persen, Global Channel Resources turut membekalinya dengan software khusus, memungkinkan pengguna memanfaatkan sejumlah alat seperti jangka, busur, dan alat bantu di ilmu matematika lain.

Selain itu, Cybernetyx EyeRIS 9090 FT juga diklaim didukung oleh sistem Edge Blending Support, memungkinkannya digunakan pada gabungan sejumlah layar hingga berdimensi diagonal 300 inci.

Namun, untuk dapat menggunakannya di layar luas tersebut, pengguna juga harus menggunakan sejumlah sensor ini.

Untuk memasarkan Cybernetyx EyeRIS 9090 FT, Global Channel Resources menggandeng distributor Celestial Sinergi Indonesia.

Direktur distributor ini, Dedhy H. Yahya menyebut berencana untuk menggandeng setidaknya satu distributor lokal di masing-masing provinsi untuk membantu layanan purnajual, meski masih terpusat di kantor pusatnya di Jakarta.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.