Mantan Bos Oppo Ciptakan Realme, Apa Itu?

Cahyandaru Kuncorojati    •    Minggu, 05 Aug 2018 14:57 WIB
oppo
Mantan Bos Oppo Ciptakan Realme, Apa Itu?
Sky Li (paling kiri) saat masih menjabat di Oppo sebagai Vice President & Head Overseas Business Department Oppo

Jakarta: Medcom.id mendapatkan informasi dari sebuah merek smartphone baru asal Tiongkok bernama Realme. Dalam perkenalannya, Realme menuturkan bahwa mereka didirikan oleh salah satu manta petinggi Oppo bernama Bingzhong atau yang disapa Sky Li.

Sky Li yang sebelumnya menjabat sebagai Vice President & Head Overseas Business Department Oppo dan berkontribusi dalam mengembangkan bisnis Oppo di 31 negara termasuk Indonesia dan negara lain di Asia Tenggara, Asia Selatan, Timur Tengah, Afrika, dan kawasan Oceania.

Pihak Realme menuturkan bahwa merek mereka di bawah kepemimpinan Sky Li, ingin menyediakan perangkat yang menggabungkan kinerja cepat, desain stylish, dan harga terjangkau untuk kalangan anak muda.

Sky Li menemukan kalangan anak muda di seluruh dunia menginginkan smartphone yang dari sisi harga sangat terjangkau, tapi memiliki kinerja dan desain yang bisa diandalkan.

Alasannya, anak muda tidak hanya menggunakan smartphone sebagai alat komunikasi tapi juga untuk hiburan dan bekerja.

Pihak Realme mengaku akan mengusung konsep "power meets style", yang memadukan kinerja atau performa cepat serta desain perangkat yang trendi. Di luar negara asalnya, Realme sudah melakukan debut pertama dengan merilis smartphone seri Realme1 di India dan diklaim terjual habis.



Realme1 hadir dengan layar ukuran 6 inci rasio 18:9 denganr4solusi 2160x1080 piksel. Dapur pacunya ditenagai prosesor MediaTek Helio P60 dengan varian kapasitas RAM dan memori internal mulai dari 3GB/32GB, 4GB/64GB, dan 6GB/128GB yang masih menyediakan slot MicroSD hingga kapasitas 256GB.

Kamera depannya beresolusi 8MP dan kamera belakang 13MP serta didukung dengan pemindai wajah atau face recognition karena tidak menyediakan pemindai sidik jari. Kapasitas baterainya sebesar 3.410 mAh.

Berdasarkan penjualan yang sudah dilakukan di India, Realme1 dibanderol Rp2,9 juta untuk varian model RAM dan memori internal 6GB/128GB, dan harga Rp2,2 juta yang 4GB/64GB, terakhir di harga 1,8 juta untuk varian 3GB/32GB.

Pihak Realme tidak menuturkan apakah mereka masih bersaudara atau tidak dengan Oppo. Menelusuri asal Oppo di negara asalnya, Oppo dan Vivo masih bersaudara di bawah induk BBK Electronics, termasuk OnePlus.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.