Foto Bokeh di Smartphone, Harusnya Lebih Mudah dan Bebas

M Studio    •    Kamis, 24 May 2018 11:21 WIB
huawei
Foto Bokeh di Smartphone, Harusnya Lebih Mudah dan Bebas
Contoh hasil foto bokeh yang kini menjadi tren baru di smartphone. (Getty Images)

Jakarta: Kesan estetik sebuah foto memberikan kesan dramatis. Itulah alasan banyak orang saat ini menyukai foto dengan efek bokeh.

Alasan lain yang menambah efek bokeh sangat dicintai adalah karena sebelumnya efek ini hanya ada di kamera yang dibanderol Rp5 juta ke atas, tapi kini sudah bisa dinikmati di smartphone yang juga memiliki beragam fungsi dengan harga Rp2 juta saja.

Bagaimana efek bokeh bisa hadir di kamera smartphone? Itu berkat fitur kamera ganda. Ya, kamera ganda membantu menghadirkan efek bokeh di smartphone lewat mode Wide Aperture.
Salah satu smartphone yang menyediakan fitur menarik itu adalah Huawei Nova 2 Lite.

Smartphone yang dibanderol dengan harga sangat terjangkau Rp2.599.000 juta ini hadir dengan perpaduan kamera ganda di bagian belakangnya yang menyediakan resolusi 13MP sebagai lensa utama dan 2MP di lensa sekunder yang membantu menyediakan mode Wide Aperture.



Kemampuan efek bokeh yang dihadirkan Huawei Nova 2 Lite lewat mode Wide Aperture ini sangat dipuji hasilnya, karena irisan antara bagian foto yang tajam dan yang blur masih terlihat halus dengan proses fokus lensa yang sangat cepat. Anda tidak perlu repot mengambil foto berulang-ulang untuk menghasilkan efek bokeh yang diinginkan.

Namun, apabila posisi Anda mengambil foto bokeh tersebut sempat meleset, Anda tidak perlu khawatir karena pada fitur penyuntingan foto di Huawei Nova 2 Lite Anda bisa melakukan refocus yakni mengubah titik fokus pada foto dengan efek bokeh dan mengatur intensitas efek blur di latar objek foto.

Pertama, Anda cukup mengambil foto bokeh dengan mode Wide Aperture di Huawei Nova 2  Lite sesuka Anda lalu mengaksesnya di halaman Gallery. Saat Anda sedang melihat foto tersebut klik ikon lambang Wide Aperture yang ada di pojok kanan atas.

Nantinya Anda akan disajikan pilihan untuk menggeser titik fokus dan intensitas blur pada bagian latar untuk menghasilkan efek Bokeh yang sesuai selera Anda.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.