Robot CIMON akan Bantu Para Astronaut di ISS

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Jumat, 29 Jun 2018 11:05 WIB
antariksarobotSpaceX
Robot CIMON akan Bantu Para Astronaut di ISS
Kanselir Jerman bersama CIMON. (AFP PHOTO / John MACDOUGALL)

Jakarta: Hari ini, SpaceX akan mengirimkan suplai ke ISS (International Space Station) menggunakan roket Falcon 9 mereka.

Suplai itu termasuk makanan dan minuman untuk enam astronaut yang tinggal di ISS dan juga eksperimen sains dan teknologi baru yang akan diuji di stasiun luar angkasa itu. Menariknya, Falcon 9 juga akan membawa "kru" berupa robot AI untuk tinggal di ISS. 

Robot yang dinamai CIMON -- Crew Interactive Mobile Companion -- ini memiliki tampilan layaknya sebuah bola voli dengan layar di sisinya yang datar.

Layar tersebut akan menampilkan wajah kartun sederhana yang akan digunakan untuk berinteraksi dengan para kru manusia di ISS.

Untuk bergerak, CIMON dilengkapi dengan 14 kipas internal yang akan mendorongnya dengan menghirup udara dan mengeluarkannya ke arah yang ia tuju. CIMON akan bisa "melayang" di sekitar ISS, mendekati astronaut yang memanggil namanya, dan juga menjawab pertanyaan.

Airbus mengembangkan CIMON untuk badan luar angkasa Jerman. Tujuannya adalah untuk menguji apakah bot dengan AI bisa membantu astronaut untuk memudahkan kehidupan di luar angkasa. 

CIMON telah dilatih beberapa kali di Bumi bersama astronaut Jerman, Alexander Gerst, yang telah ada di ISS.

Para pembuat CIMON berkata bahwa robot ini dilengkapi dengan kendali suara, yang dibuat oleh IBM. Fitur ini memungkinkan CIMON untuk berinteraksi dengan astronaut yang memanggilnya. 

Di ISS, Gerst akan menyambut CIMON dan menggunakan robot ini untuk membantunya dalam beberapa eksperimen.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.