Ke Depan, Berita Bakal Tersedia di Semua Platform

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Jumat, 25 Nov 2016 13:59 WIB
teknologi
Ke Depan, Berita Bakal Tersedia di Semua Platform
Ke depan, multiplatform akan menjadi keharusan. (Popular Mechanics)

Metrotvnews.com, Jakarta: Multiplatform adalah keharusan dan second screen adalah keniscayaan. Begitulah yang dipercaya Direktur Teknik Metro TV, Mirdal Akib. Menurutnya, sikap masyarakat yang kini senang berbagi berita justru menjadi sebuah kesempatan besar bagi Metro TV.

"Penonton Metro TV adalah pengguna gadget yang cerdas, penonton yang haus dengan informasi," kata Mirdal. Dia ingin, Metro TV tidak menjadi stasiun TV yang kikuk di era digital. Karena itulah, dia menjelaskan beberapa langkah yang telah diambil oleh Metro TV untuk menghadapi era digital

Yang dimaksud dengan multiplatform oleh Mirdal adalah penggunaan platform lain selain TV, seperti situs online, radio dan media cetak. "Jadi, nanti, seorang wartawan bisa saja tidak hanya membuat berita untuk TV, tapi juga portal atau radio atau cetak," katanya. "Dengan satu resource, kita bisa mengeluarkan output yang banyak."

Mirdal juga sedikit bercerita tentang bagaimana Metro TV dapat bertahan selama 16 tahun tanpa harus mengkompromikan idealismenya. "Idealisme dan teamwork jadi tujuan utama buat kami," ujarnya. "Proses menjadi penting, tidak hanya tujuan akhir."

Pada tahun 2000, di tengah-tengah stasiun TV yang menyiarkan acara secara umum, Mirdal mengaku membuat sebuah TV berita bukanlah sesuatu yang mudah. Semua pihak menganggap, dia bercerita, TV yang mengkhususkan diri sebagai TV berita tidak akan bertahan lama.

"Tapi, apa yang terjadi? Hari ini, lahir begitu banyak TV berita yang mengikuti Metro TV," ujarnya. Dia juga merasa, keberadaan Metro TV sebagai TV berita juga berperan dalam mencerdaskan masyarakat. Jika dulu pendidikan seseorang bisa terlihat dari omongan yang dia bicarakan, kini hal yang sama tidak lagi berlaku. Dia merasa, Metro TV turut berkontribusi dalam hal ini. 


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.