CES 2018

Samsung Galaxy S9 untuk MWC, Galaxy X Tahun Depan

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Rabu, 10 Jan 2018 13:34 WIB
samsungces 2018
Samsung Galaxy S9 untuk MWC, Galaxy X Tahun Depan
Samsung akan merilis Galaxy S9 bulan depan. (Drew Angerer / Getty Images / AFP)

Jakarta: Samsung Electronics akan meluncurkan smartphone flagship mereka, Galaxy S9, pada Mobile World Congress yang akan diadakan pada bulan Februari mendatang, ungkap bos divisi mobile Samsung. 

President of Samsung Mobile Business, DJ Koh berkata, smartphone flagship pertama dari Samsung akan dipamerkan dalam MWC pada bulan Februari mendatang. Sementara tanggal ketersediaan di pasar akan diumumkan dalam ajang tersebut, ujar DJ Koh dalam konferensi pers di CES. 

Seperti yang disebutkan oleh ZDNet, sebelum ini, sempat beredar kabar bahwa Samsung akan memamerkan smartphone premium barunya pada CES.

Tahun lalu, Samsung meluncurkan Galaxy S8 dalam sebuah acara Unpacked Event yang diadakan di New York pada bulan Maret. Mereka mulai menjual perangkat tersebut pada bulan April. Jika Galaxy S9 diluncurkan satu bulan lebih cepat, maka kemungkinan, ponsel itu akan mulai tersedia di pasar pada bulan Maret tahun ini. 

Koh juga mengungkap rencana Samsung untuk meluncurkan smartphone lipat tahun depan. Tahun lalu, dia berkata pada media Korea Selatan bahwa Samsung berencana untuk meluncurkan ponsel lipat pada tahun ini.

Menurutnya, salah satu masalah terbesar dari ponsel lipat adalah antarmuka. Dia menyebutkan, Samsung berusaha keras untuk memecahkan masalah itu.

Orang-orang dalam Samsung mengatakan, perusahaan akan berusaha untuk memulai produksi dari smartphone lipat tersebut pada akhir tahun ini. Koh juga mengungkapkan bahwa Bixby 2.0 akan diluncurkan tahun ini. Dia menekankan, semua perangkat Samsung sudah akan mendukung asisten virtual tersebut pada 2020.

"Banyak perusahaan yang memiliki kompetensi AI, tapi tidak banyak yang berkompetensi dalam hardware," kata Koh.

"Kita memang agak terlambat dalam memulai, tapi kami yakin akan bisa menawarkan pengalaman terbaik untuk konsumen."

Sebelum ini, Samsung menargetkan untuk memasukkan fitur AI pada semua perabot rumah tangganya pada 2020. Kemungkinan, Galaxy S9 akan menjadi smartphone pertama yang menawarkan memori internal sebesar 512GB. 


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.