Main Game IndiHome eSports League, Bisa Dapat Rp1 Miliar

M Studio    •    Kamis, 01 Mar 2018 11:17 WIB
berita telkom
Main Game IndiHome eSports League, Bisa Dapat Rp1 Miliar
Direktur Utama MD Media Syaifudin (kanan), AVP Marketing Communication Telkom Mustakim Wahyudi (tengah), Country Director Vainglory Sofian Martineau (kiri) saat membuka acara Kick Off IndiHome eSport League di Jakarta, Rabu, 28 Februari 2018 (Foto:Dok.Tel

Jakarta: Bermain games bisa dapat uang Rp1 miliar. IndiHome eSports League, game yang diinisiasi PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) bisa diakses melalui layanan IndiHome Triple Play, mulai Maret 2018 hingga akhir 2019.

"IndiHome eSports League merupakan liga eSports terbesar di Indonesia, karena digelar secara masif dan serempak di seluruh Indonesia dengan total IndiHome Cars lebih dari 3.000 unit. Liga ini dilaksanakan secara berkelanjutan hingga dua tahun ke depan, dan melibatkan ribuan tim dengan total hadiah yang disediakan sebesar Rp1 miliar," kata 
VP Marketing Management Telkom Jemy V Confido, saat ditemui di acara Kick Off IndiHome eSports League di Jakarta, Rabu, 28 Februari 2018.

Telkom akan membuat para gamers semakin nyaman dengan menyediakan paket data khusus gamers, dan memperkuat konektivitas melalui jaringan fiber optic yang disediakan IndiHome, sehingga aktivitas gamers eSports selalu stabil, responsif dan minim lag.

Liga akan berlangsung dalam empat season, masing-masing season menggunakan jenis games yang berbeda. Tahun 2018 ini, game yang dipergunakan adalah Vainglory.  

"Pada season 1, yaitu Maret-Mei 2018, menggunakan game Vainglory, dan saat bersamaan sedang launching 5V5,” jelas Jemy. Ia meyakini kehadiran Vainglory akan membuat komunitas gamers Indonesia semakin antusias. 

Menghadirkan eSports Stadium
“IndiHome eSport League" terselenggara berkat kerja  sama IndiHome dengan MD Media. 

"Tantangan  besar  eSports  adalah mengubah persepsi para orangtua bahwa eSports selalu berdampak kurang baik. Kami berharap eSport yang kami kembangkan dapat menumbuhkan nilai kreatif, melatih kecepatan, ketangkasan, jiwa kompetitif,  teamwork dan mental sportif,” kata Direktur Utama MD  Media Syaifudin.

Selain menyelenggarakan Liga eSports ini, MD Media dalam waktu dekat akan menghadirkan eSports Stadium terbesar di Indonesia.  eSports Stadium ini akan dilengkapi  perangkat dan konektivitas “State-of-the-Art” sehingga memungkinkan atlet eSports  berlatih tanding dengan konektivitas terbaik (1:1 ke Global IP Backbone). 

“Fasilitas eSports Stadium  ini dilengkapi bootcamp layaknya fasilitas pelatnas, termasuk adanya akademi yang didukung  profesional berprestasi Indonesia di level internasional. Sehingga eSports Stadium tidak hanya sebagai arena bermain game, tetapi merupakan ajang mengukir prestasi dan menjanjikan masa depan bagi para atletnya,” tambah Syaifudin.

Nantinya fasilitas pendukung yang disiapkan eSports Stadium terdiri dari fasilitas asrama, fasilitas olahraga, couching, dan klinik. Fasilitas ini diperuntukan untuk mengatasi mental termasuk “nervous breakdown” akibat kalah bertanding ataupun akibat kecanduan berlatih eSports, layaknya atlet profesional bertaraf internasional.

Fasilitas akademi MDM eSports bukan hanya untuk atlet saja, tetapi juga dipersiapkan untuk individu lain yang memang ingin terjun dan berprofesi di industri eSports seperti Caster, Video Production, Streamer, termasuk mempertemukan  para sponsor dan brand yang sudah bekerjasama dengan MD Media.

Di era digitalisasi dan  saat ini  eSports atau olahraga elektronik sedang booming, khususnya di kalangan anak muda. eSports tidak hanya dijadikan pertandingan yang menyenangkan untuk mengisi waktu luang, tapi kini bisa menjadi sebuah profesi dengan penghasilan yang menjanjikan.


(ROS)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.